DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Selekda 14th WorldSkills ASEAN Competation Di Apresiasi Wamenaker RI.

Thursday, October 3, 2024, October 03, 2024 WIB Last Updated 2024-10-04T02:54:09Z


Lombok Timur - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Republik Indonesia, Afriansyah Noor secara resmi menutup Selekda 14th WorldSkills ASEAN Competition dan Vokasi Begawe yang digelar oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur, pada Kamis (03/10/2024). 



"Kami berharap anak anak kita yang  juara ini dapat mengembangkan keterampilan yang mereka miliki sehingga ke depannya dapat berwirausaha atau bekerja di restoran besar di Indonesia," terang Afriansyah.




Wamenaker RI juga menyoroti pentingnya pelatihan terkait dengan perkembangan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Terutama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi pusat perhatian internasional dengan adanya gelaran MotoGP Indonesia. Selain itu, NTB juga berada di peringkat ke-4 nasional dalam penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI).




"Pariwisata di NTB berkembang pesat, berbagai acara besar semakin sering diadakan. Ini merupakan peluang besar bagi para pemuda untuk memanfaatkan keterampilan mereka di industri pariwisata," ungkap Wamennaker Afriansyah.




Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Hasanuddin, dalam sambutannya menyampaikan, Selekda 14th WorldSkills ASEAN Competition dan Vokasi Begawe BPVP Lombok Timur merupakan langkah untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja.



"Melalui selekda ini kita dapat melahirkan kompetitor-kompetitor handal yang mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," tutur Hasanuddin.



Pj Gubernur NTB juga berharap, dengan potensi besar yang dimiliki NTB dalam bidang keterampilan dan inovasi, daerah ini bisa terus berkembang dan memberikan kontribusi terbaik.



"Semoga kompetisi ini menghasilkan pencapaian yang kita harapkan," harap Pj Gubernur NTB.



Hasanuddin juga menambahkan bahwa Pemerintah Daerah merasa terhormat dengan kehadiran Menteri Ketenagakerjaan beserta jajarannya di tengah masyarakat NTB.



"Kehadiran beliau tidak hanya memberikan semangat, tetapi juga motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas tenaga kerja," ujar Hasanuddin.



Sementara itu, Kepala BPVP Lombok Timur, Verry Fahrudin dalam laporannya menyampaikan, selama tiga hari pelaksanaan Selekda 14th WorldSkills ASEAN Competition dan Vokasi Begawe BPVP Lombok Timur, telah digelar berbagai kompetisi seperti Restaurant Service dan Cooking. Kegiatan Vokasi Begawe BPVP Lombok Timur juga diisi dengan beragam acara, termasuk Trial Class untuk 7 program pelatihan, Job Fair dan Walk-in Interview dengan partisipasi lebih dari 40 perusahaan, Bazar UMKM yang melibatkan 52 peserta dari alumni pelatihan vokasi, BLK UPTD, BLK Komunitas, dan Talenta Muda, Pameran Pelatihan Vokasi, serta hiburan-hiburan lainnya.



Dengan jumlah peserta dalam setiap bidang lomba adalah sebanyak 10 orang, sehingga jika ditotal sebanyak 20 peserta yang berasal dari alumni lembaga pelatihan, siswa sekolah vokasi/universitas, serta karyawan hotel/restoran. Para peserta datang dari Provinsi NTB, Provinsi Bali, dan Provinsi Sulawesi Selatan.



Di penghujung acara, dilakukan pengumuman pemenang hiburan dari band lokal serta pengundian hadiah pemenang lomba dengan aneka hadiah utama. (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Selekda 14th WorldSkills ASEAN Competation Di Apresiasi Wamenaker RI.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan