DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Peningkatan SDM, Pemda Lotim Melalui Dinas Arpusda Gandeng ANRI.

Thursday, October 17, 2024, October 17, 2024 WIB Last Updated 2024-10-19T10:52:29Z
Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ANRI Drs. Amieka Hashraf Didampingi Plt. Kadis Arpusda Lotim Marepudin. Kamis, (17/10).


Lombok Timur - Guna peningkatan SDM Kearsipan untuk Jabatan Fungsional Arsiparis di Kabupaten Lombok Timur. Pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan rapat penyusunan kebutuhan Jabatan Fungsional Arsiparis.


Kegiatan yang diikuti puluhan pejabat fungsional lingkungan OPD dan Kecamatan tersebut berlangsung di Aula pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpusda), Kamis (17/10).


Peserta Bimtek Dari Perwakilan Jabatan Fungsional Arsiparis Masing masing OPD dan Kecamatan.


Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dariPlt.Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpusda) Kabupaten Lombok Timur Marepudin menjelaskan kegiatan pada intinya sebagai langkah lanjutan penyusunan perhitungan jumlah jabatan fungsional Arsiparis mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan PAN RB. Sehingga kedepannya menjadi perhatian Pemerintah Daerah dalam memaksimalkan potensi Jabatan Fungsional Arsiparis pada masing - masing OPD terkait.



"Harapan kita di Lombok Timur Jabatan Fungsional Arsiparis bisa lebih banyak dari saat ini atau paling tidak melebihi jumlah di Kabupaten lain di NTB", pintanya.



Keterbatasan jumlah fungsional Arsiparis saat ini di Dinas Arpusda yang hanya 4 orang  pegawai dinilai perlu penambahan. Mengingat Lombok Timur dengan OPD, yang banyak juga merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat di NTB.



Sehingga diharapkan dalam setiap pembukaan pegawai yang diselenggarakan, ada kuota untuk jabatan Fungsional Arsiparis baik dari ASN maupun PPPK.



"Tentu harapan kami ada penambahan untuk jabatan ini mengingat selama ini masih belum ada dan yang kita pakai hanya yang 4 pegawai itu saja", ungkapnya.


Sambutan Marepudin, SP. Plt.Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lombok Timur.


Selain SDM, sarana prasarana pendukung untuk Bidang Kearsipan juga lanjut Marepudin masih terbatas. Sehingga kedepannya pihaknya berharap ada penambahan pengadaan untuk rak dan lemari penyimpanan arsip dan sarana lainnya.


Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ANRI Drs. Amieka Hashraf dilokasi kegiatan Bimtek mengatakan Tahun 2024 ini adalah kali pertama ANRI melakukan pembinaan laboratorium kearsipan. Terpilihnya Kabupaten Lombok Timur sebagai lokasi Bimtek pertama adalah lanjutan dari hasil evaluasi ANRI di tahun 2023 lalu. 


Respon dan komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam mensupport  setiap rencana kegiatan kunjungan ANRI adalah alasan Pimpinan ANRI menyetujui pelaksanaan Bimbingan dan pembinaan SDM terhadap Pejabat Fungsional Arsiparis terkait di Kabupaten Lombok Timur.


"Kami mencari daerah yang dalam tanda kutip punya masalah SDM Kearsipan nya, hal ini bagai dayung bersambut disetujui langsung oleh Bapak Pj. Bupati Lombok Timur ", terangnya.

 


ANRI berharap dari rapat penyusunan kebutuhan Jabatan Fungsional Arsiparis yang dilakukan ada  rekomendasi yang dihasilkan. Dari sana ANRI akan meminta Pemkab Lombok Timur melalui BKPSDM agar bisa meneruskan rekomendasi itu ke Menpan RB. Sehingga ditahun 2025 nanti Kabupaten Lombok Timur bisa memiliki Penjabat Fungsional Arsiparis dengan SDM yang memadai. (yt)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peningkatan SDM, Pemda Lotim Melalui Dinas Arpusda Gandeng ANRI.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan