DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Bulan Inklusi Keuangan, FKIJK Gandeng Pemda Lotim Gelar Pasar Keuangan Rakyat.

Thursday, October 17, 2024, October 17, 2024 WIB Last Updated 2024-10-18T05:40:01Z


Lombok Timur - Dalam rangka menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Nusa Tenggara Barat menggelar Pasar Keuangan Rakyat. Menghadirkan seluruh layanan Perbankan dan gelaran bazar UMKM dengan aneka suguhan door prize menarik. Acara berlangsung selama 3 hari yakni dari hari Jum'at Tanggal 18 Oktober sampai dengan hari Minggu tanggal 20 Oktober 2024. Berlangsung di Taman Nasional Selong atau didepan Kantor Cabang BRI Selong.



Melibatkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lombok Timur dengan menghadirkan semua layanan yang bergerak di bidang Perbankan, BUMD andalan Pemda Lotim yakni Selaparang Finansial  serta UMKM yang disiapkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur.



Dalam paparannya, Pejabat (Pj) Bupati Lombok Timur Drs.H.M.Juaini Taofik menyampaikan program 'Lotim Berkembang' menjadi sasaran yang baik, terlihat dari semakin antusiasnya masyarakat peternak dan pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha melibatkan Perbankan yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah.




Melihat peluang pertumbuhan ekonomi lewat program 'Lotim Berkembang' lanjut Juaini Taofik, pihaknya melalui OPD terkait berjanji akan melanjutkan program tersebut dengan mengedepankan asas pemerataan melalui data yang valid. Agar tercipta apa yang menjadi harapan Pemerintah Daerah meningkatkan ekonomi menjadi lebih baik dalam setiap tahunnya.



"Pasti kita lanjutkan tapi kita prioritaskan kepada yang lebih membutuhkan karena keterbatasan. Bagi yang sudah dapat diharapkan bisa mandiri dengan berkoordinasi dengan OPD terkait", ucap Juaini Taofik.



Terkait pendampingan Pemda Lotim memastikan akan tetap melakukan pendampingan teknis yang di bantu OPD terkait dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kemudian  didata dan menjadi sasaran binaan. Begitu juga dengan UMKM melalui Dinas Koperasi dan UKM diharapkan setelah mendapatkan bantuan KUR Lotim Berkembang bisa lebih mandiri.



"Hubungan perbankan dengan Pemda dan masyarakat diharapkan semakin baik sehingga peningkatan pinjaman dari masyarakat Lombok Timur semakin meningkat", imbuhnya.



Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB Rudi Sulistyo mengatakan Kedepan setelah Peternakan dan Pertanian IKN akan menjadi prioritas sehingga diharapkan Masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan.



Program 'Lotim Berkembang' yang dicetuskan Pemda Lotim yang berbuah reward dan kemudahan bagi masyarakat akan dikembangkan OJK dan akan di replikasi ke daerah lain guna kemajuan masyarakat NTB pada umumnya.



"Harapan kami pemberdayaan ekonomi di daerah itu berkembang, mudah mudahan dengan banyaknya program yang diluncurkan Pemda Lombok Timur, DAK dan DAU juga bisa bertambah", tandasnya. (*)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bulan Inklusi Keuangan, FKIJK Gandeng Pemda Lotim Gelar Pasar Keuangan Rakyat.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan