DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Oven Tembakau Milik Warga Rarang Di Lalap Si Jago Merah, Kerugian Capai 50 Juta.

Friday, September 13, 2024, September 13, 2024 WIB Last Updated 2024-09-13T14:25:49Z
Petugas Pemadam kebakaran Saat Berjibaku Memadamkan Api. Jum'at, (13/09).


PERISTIWA - Si Jago Merah melalap 1 unit open tembakau milik warga yang berlokasi di Dusun Seganteng Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara diperkirakan kerugian capai 50 Juta. Jum'at (13/9/2024)


Dari informasi yang di himpun, Oven tembakau tersebut adalah milik Nurasih (69). Sekitar pukul 09.10 wita, Inaq Nurmin istri korban yang sedang berada di teras rumah melihat kepulan asap di sertai api keluar dari ventilasi oven miliknya dan  langsung memberitahukan kepada suaminya bahwa open terbakar. 


Selanjutnya, korban dan saksi berteriak minta tolong sambil berusaha memadamkan api menggunakan air dan alat seadanya.


Mendengar teriakan minta tolong, warga sekitar mendatangi TKP dan salah satu warga menghubungi pihak pemadam kebakaran kecamatan Terara untuk meminta pertolongan.


Akan tetapi, karena tembakau sudah dalam proses pengeringan, api sulit di padamkan dan sekitar pukul 09.25 wita, Pemadam kebakaran Kecamatan Terara di bantu  pemadam kebakaran Kecamatan Sukamulia tiba di lokasi dan berusaha untuk memadamkan api sehingga sekitar pukul 10.30 wita, api bisa di padamkan.


Akibat kejadian kebakaran tersebut semua tembakau yg ada di dalam oven terbakar serta oven mengalami rusak berat. Akan tetapi tidak ada korban jiwa dan korban mengalami kerugian sekitar Rp 50.000.000 ( lima puluh juta rupiah) .


Hal tersebut dibenarkan Kapolres Lombok Timur melalui Kasi Humas IPTU Nikolas Osman. Bahwa saat terjadinya kebakaran , tembakau dalam proses pengeringan  dengan suhu di dalam oven cukup tinggi. Sehingga api sulit di padamkan serta kurangnya Pengamanan yg di pasang di dalam oven oleh pemilik sehingga rentan terjadinya kebakaran .


"Kebakaran kemungkinan di sebabkan oleh adanya tembakau kering yang jatuh menimpa cerobong /tungku pemanas  open sehingga  memicu terjadinya percikan api yg membakar tembakau yang sedang dalam proses pengeringan," terang Nikolas.


Atas kejadian tersebut, ungkap Nikolas, Aparat Kepolisian Polsek Terara Polres Lombok Timur telah mendatangi lokasi kebakaran dan agar tiga pilar di Desa yang ada di wilayah Kecamatan Terara lebih intens memberikan himbauan kepada para petani tembakau.


"Kita berharap Desa yang ada di wilayah binaan untuk lebih waspada dan lebih memperhatikan alat pengaman oven saat melakukan peng ovenan tembakau," tutup Nikolas. (yt)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Oven Tembakau Milik Warga Rarang Di Lalap Si Jago Merah, Kerugian Capai 50 Juta.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan