DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Kabar Baik, Air SPAM Pantai Selatan Sudah Bisa Di Nikmati Masyarakat

Tuesday, September 10, 2024, September 10, 2024 WIB Last Updated 2024-09-12T09:57:03Z
Moh Rozikin Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Lombok Timur

Durasintb -- Setelah beberapa tahun di kerjakan dengan berbagai dinamikanya, akhirnya proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pantai Selatan yang diusulkan sejak Januari 2022 oleh pemerintahan Sukiman- Rumaksi (SUKMA), akhirnya kini sudah membuahkan hasil dan bisa di nikmati Masyarakat.


"Alhamdulillah wasyukurillah, air yang selama ini kita janjikan untuk masyarakat selatan, sudah mengalir ke selatan. Jadi di dua reservoir itu,  Sukaraja dan di Gunung Malang airnya sudah terisi dan bisa dinikmati Masyarakat," ungkap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur melalui Kepala Bidang Cipta Karya Moh. Rozikin saat dikonfirmasi Selasa (10/9/2024).


Ia menyebutkan, Hari ini kondisinya tim dari BPPW ada yang turun ke wakan dan Batunampar untuk dilakukan runingtest. Baru kemudian setelah itu pihaknya dari pemerintah daerah akan melakukan Assessment dan melakukan pengecekan menyeleluruh dari SR yang ada baik dari sisi kebocoran dan sebagainya sebab bukan serta merta pihaknya dari pemda akan menerima begita saja barang tersebut melainkan harus dilakukan assessment terlebih dahulu bersama tim monitoring yang telah dibentuk sebelumnya.


“Nah setelah dia selesai semuanya, bukan serta merta dari pemda akan menerima begita saja barang tersebut melainkan harus dilakukan assessment terlebih dahulu,”ungkapnya.


Walau demikian lanjut Rozikin, dalam persolan tersebut pihaknya masih membutuhkan anggaran dalam menyelesaikan SR (Sambungan Rumah Tangga) sebanyak 3.140 unit. Sebab sampai kini pihaknya masih terhutang perjanjian kepada Pemerintah pusat. Adapun Jumlah SR yang sudah terpasang pada tahun 2023 di Desa Wakan sebanyak 440 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dan di Desa Batu Nampar sebanyak 500 SR.


“Rencana di tahun 2025 nanti, ada 200 SR yang nantinya kita arahkan ke Ekas. Airnya yang dari reservoar Gunung Malang Pemongkong," sebutnya.


Selama ini lanjutnya, Pihaknya tidak pernah komentar persoalan SPAM Selatan sebab air belum dilihat dan dipastikannya mengarah kelokasi tersebut namun sekarang air itu sudah mengalir dan bisa di nikmati masyarakat sekitar.


Saat ini volume air yang sudah mengalir sampai ke selatan 50 liter per detik. Jumlah tersebut masih kurang dari target awal yakni sebesar 120 liter per detik.


Untuk memenuhi target itu, Pemda Lombok Timur melalui Dinas PUPR terus berjuang melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat agar mendapatkan tambahan anggaran demi menuntaskan target tersebut.


"Kami tidak pernah diam. Kami terus mengejar ke pusat. Mudah-mudahan nanti DESnya sekitar Oktober, mudah- mudahan kami dapat dari pusat," bebernya.


Akan tetapi dalam menuntaskan sisa pemasangan SR sebanyak 3.140 itu, Pemda harus menyiapkan dana pendamping. Dari itu dirinya mengharapkan perhatian dari para pemangku kebijakan untuk dapat mengalokasikan dana dimaksud.


"Kami berharap kepada bapak-bapak termasuk anggota dewan dari selatan untuk memberikan bantuan melalui dana pokirnya nanti," tandasnya.


Dengan berhasilnya proyek SPAM Pantai Selatan tersebut, maka janji pemerintahan SUKMA untuk merubah air mata menjadi mata air sudah di depan mata. Praktis tinggal menuntaskan pemasangan Sambungan Rumah saja. (red)

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kabar Baik, Air SPAM Pantai Selatan Sudah Bisa Di Nikmati Masyarakat

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan