DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

TMMD Berkah Warga Desa Loyok, Kedepan Area Pemakaman Akan Di Sulap Menjadi Agrowisata.

Friday, August 2, 2024, August 02, 2024 WIB Last Updated 2024-08-04T00:59:16Z

Komandan Kodim (Dandim) 1615/Lotim Di dampingi Kades Loyok, Babinsa Serka Haryanto Dan Kadus Loyok Saat Meninjau Lokasi Pelebaran Jalan Dan Pemasangan Talud Irigasi Di Desa Loyok.



Lombok Timur
- Area Pemakaman umum Desa Loyok yang mendapatkan bantuan pelebaran jalan dua jalur dari program TMMD Ke - 121 tersebut kedepan akan ubah menjadi kawasan wisata religi dan agrowisata.



Hal itu dilakukan agar pemakaman umum yang selama ini terkesan angker dan menyeramkan bisa menjadi tempat yang nyaman dengan view pemandangan persawahan yang indah. Rencana pihak desa, dua sisi kuburan akan dipasangkan lampu penerangan dan di pinggir area yang kosong akan di buatkan berugak. Sehingga ia sangat setuju saat pelebaran jalan dibuat melingkar seolah mengelilingi kuburan.



"Saya sudah rapat dengan teman teman di kantor dan kita sudah sosialisasi ke warga dan Alhamdulillah mereka responnya positif", tutur Pj. Kepala Desa Loyok Samul Khair kepada media ini Jum'at (02/07/2024).



Rencananya lanjut Samul, jika program TMMD sudah selesai, pihak desa akan melakukan rabat di area pemakaman yang berlokasi di Polombok Gumuk Dusun Loyok tersebut dengan menggunakan sistem swakelola.



Agrowisata dinilai cocok karena adanya Sumur Bor bantuan program TMMD yang posisinya berada ditengah - tengah jalur pelebaran yang sengaja dibuat melingkar. Mengingat akan memudahkan masyarakat yang singgah manakala ingin istirahat atau para pengantar jenazah dan peziarah kubur dalam mengambil air.



"Nanti kita rabat terus semua kayu yang ditebang saat pelebaran jalan kita akan gunakan untuk membuat berugak dengan view pemandangan keindahan persawahan, kita jadikan Pekuburan itu sebagai tempat nongkrong wisatawan", imbuhnya.



Masih kata Samul Khair, dari segi keamanan juga terbilang bagus disamping dari segi estetika atau keindahannya juga dapat. Melihat peluang itu lanjut dia, harus ada upaya dari Pemerintah Desa untuk merubah atau menata areal Kuburan.



"Sebelumnya, saya sudah bedah rencana ini dengan Babinsa dan Babinkamtibmas kami dan mereka memberikan banyak masukan. Mengingat dampak positifnya juga akan mengarah kepada Kondusifitas keamanan di desa", bebernya.



Ditambahkan Babinsa Desa Loyok Serka Haryanto, rencana Pemerintah desa untuk menjadikan area Pemakaman umum sebagai area Agrowisata juga sebagai langkah atau upaya desa dalam mendongkrak ekonomi masyarakat. Mengingat Desa Loyok adalah Kawasan wisata yang didatangi banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.



"Kami bersama pihak desa hanya berikhtiar bagaimana masyarakat di desa ini bisa lebih maju dalam sektor wisatanya", tandasnya.(red)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TMMD Berkah Warga Desa Loyok, Kedepan Area Pemakaman Akan Di Sulap Menjadi Agrowisata.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan