DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Pj. Sekda Lotim Terima Kunjungan Tim Verifikator Ditjen PDP Kementerian Desa.

Monday, August 26, 2024, August 26, 2024 WIB Last Updated 2024-08-27T04:05:52Z
Sambutan Pejabat (Pj) Sekda Lombok Timur H.Hasni S.E., M.Ak., di Acara Penilaian 
Tim Verifikator Ditjen PDP Kementerian Desa Di Desa Setanggor Selatan, Selasa (27/08/2024).


Lombok Timur - Pemerintah Daerah Kabupaten Lotim menerima kunjungan Tim Verifikator Lapangan Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal Dan Transmigrasi RI. Selasa, (27/08).


Acara yang berlangsung di Kantor Desa Setanggor Selatan Kecamatan Sukamulia tersebut dalam rangka penilaian akhir Tim Verifikator untuk Desa berkinerja baik dalam Percepatan Penurunan Stunting.


Dalam sambutannya, Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) H.Hasni menyampaikan Kabupaten Lombok Timur tetap terus berupaya melakukan pelayanan terbaik dari sektor terkait dalam upaya percepatan penurunan angka Stunting.


"Semua bergerak melakukan pendataan insyaallah hasilnya pun baik, karena data ini real, kita yakin dan tetap berupaya menjadi yang lebih baik dalam percepatan penurunan Stunting", terangnya 


Pemda Lotim berharap dari semua upaya yang dilakukan melibatkan semua stakeholder terkait dari semua OPD sampai kepada Tim penilai diganjar pahala oleh Tuhan yang maha Esa. Sembari berjanji akan terus berupaya maksimal menekan angka Stunting di Lombok Timur secara keseluruhan.


Penilaian tim lanjut H.Hasni menjadi rujukan bahan rujukan Pemerintah Daerah dalam memberikan peningkatan peningkatan dalam hal pelayanan. Hal yang terpenting lanjut Pj. Sekda adalah tidak ada lagi penambahan anak - anak Stunting di Lombok Timur. Mengingat sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah Daerah terutama mulai dari pra nikah dengan melibatkan melibatkan OPD terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dan DP3AKB dan dan KUA (Kantor Urusan Agama).



Ketua Tim Verifikator Lapangan dalam sambutannya mengatakan Ir. Eppy Lugiarti perwakilan Tim Analisis Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal Dan Transmigrasi RI mengatakan verifikasi lapangan adalah langkah terakhir penilaian Desa Setanggor Selatan menuju juara.


"Terkait akurasi data kami akan melihat apakah sesuai data yang kami terima dengan kondisi lapangan atau tidak terutama terkait prevalensi. Upaya pencegahan bagaimana mencegah supaya tidak ada kasus Stunting baru", jelasnya.


Sehingga pihak desa diharapkan dapat memastikan kebutuhan dasar layanan di lapangan sehingga dapat terpenuhi dengan baik. Terutama dari layanan kesehatan di Posyandu, pemeriksaan Ibu hamil dan juga penyuluhan kepada remaja putera - puteri yang pra nikah. Atas kerjasama atau kolaborasi dan sinergitas pelayanan yang baik antara KUA, Puskesmas dan DP3AKB. Selain juga setelah memperoleh hasil Penilaian yang baik di harapkan Desa Setanggor Selatan ada kemajuan dan keberlangsungan atau keberlanjutan yang baik.


"Kami berikan apresiasi kepada Desa Setanggor Selatan mudah - mudahan apa yang sudah di capai bisa di tiru desa - desa lain di Kabupaten Lombok Timur", ungkapnya.


Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas P3AKB, Kepala Dinas PMD, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta masyarakat Desa Setanggor Selatan. (red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Sekda Lotim Terima Kunjungan Tim Verifikator Ditjen PDP Kementerian Desa.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Iklan