DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Pj. Bupati Lotim Dampingi Danrem 162/WB Luncurkan Pupuk Organik Cair Berbahan Rumput Laut Pertama Di Indonesia.

Monday, August 19, 2024, August 19, 2024 WIB Last Updated 2024-09-13T00:01:45Z
Danrem 162/WB Dan PJ.Bupati Lombok Timur Didampingi Dandim 1615/Lotim Saat Mencoba Mengisi Pupuk Organik Cair Di Koramil Pringgabaya. Senin,(19/08).


Lombok Timur - Dalam rangka mewujudkan Patriot Pangan  Tani  Lestari, Korem 162/WB dan Kodim 1615/Lotim meluncurkan Stasiun Pupuk Organik Cair Tani Lestari pertama di Indonesia. Dilanjutkan peresmian Demplot Budidaya Jagung Metode Tani Lestari di desa Perigi Kecamatan Pringgabaya. Kedua program tersebut juga selaras dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1615/Lotim  yang bertempat di wilayah Kodim 1615/Lombok Timur.


Pejabat (Pj) Bupati H.M. Juaini Taofik yang hadir dalam peluncuran menyampaikan, TNI khususnya di Lombok Timur saat ini terlihat serius dan fokus membantu masyarakat Lotim pada sektor pertanian.


Hal itu diakuinya turut membantu Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dari sektor pertanian hingga 25,7 persen.


"Jadi kalau ekonomi pertanian bagus maka pendapatan Lotim juga bagus," katanya. 


Terlebih inovasi TNI dilakukan di Kecamatan Pringgabaya yang diakui merupakan Kecamatan terluas dan terpadat pertama diluar kawasan hutan. Orang yang familiar disapa Kak Ofik ini berharap program yang dijalankan TNI dapat berjalan sesuai harapan.


"Lewat pendekatan ini (terciptanya pupuk cair organik) tanpa kita promosikan masyarakat pasti mencarinya," pungkasnya. 


Acara selain dihadiri Pejabat (Pj) Bupati Lotim, Dandim 1615/Lotim dan Kapolres Lotim. Juga dihadiri segenap masyarakat kelompok tani (Gapoktan) Kecamatan Pringgabaya.


Dijelaskan Komandan Korem 162/Wira Bakti Brigjend TNI Agus Bhakti, adapun  tujuan pelaksanaannya sebagai kerja nyata KOREM 162/WB dalam mewujudkan Ketahanan Pangan dan keberlanjutan produksi pertanian khususnya tanaman pangan strategis melalui TNI.


Ikhtiar atau upaya tersebut dilakukan lanjut Brigjend Agus untuk menjawab salah-satu permasalahan pupuk pertanian bagi petani. Alternatif bagi pupuk pertanian dalam hal ketersediaan pupuk, keterjangkauan harga, kemudahan dalam membeli, kehandalan kualitas dan kesinambungan produksi. 


"Alasan peluncuran Stasiun Pupuk Organik Cair Tani Lestari yakni karena selama ini petani dalam melakukan kegiatan budidaya harus menyiapkan modal yang cukup besar di awal, membeli benih, pupuk, herbisida dan insektisida serta tenaga kerja", ungkapnya di Koramil Pringgabaya, Senin (19/08).


Ditambahkannya, dengan adanya Stasiun Pupuk Tani Lestari, petani dapat menunda pengeluaran yang cukup besar di awal, petani dapat mengatur keuangannya dengan membeli pupuk sesuai yang dibutuhkan pada usia tanamannya. 


Dimana kedepannya, Stasiun Pupuk Tani Lestari akan memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pupuk alternatif bagi petani melalui Kodim dan Koramil terdekat.


"Pupuk Rumput Laut ini diharapkan dapat menjadi sinergi antar masyarakat pesisir dan masyarakat petani melalui peran TNI-AD. Rumput Laut telah banyak dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari makanan, kimia hayati hingga farmasi", terangnya.


Komandan Kodim 1615/Lotim, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro dalam sambutannya mengatakan program tersebut berjalan atas dukungan dan kerjasama semua pihak. Terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas pertanian dan semua personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada.


"Alhamdulillah  ini berkat kerjasama dari teman-teman semuanya, ada sosialisasi dari Babinkamtibmas, Babinsa Kemudian dari teman-teman PPL dan lain sebagainya", ungkapnya.


Letkol Inf Bayu Sigit juga menambahkan inovasi tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap petani jagung yang ada di Lotim. Terlebih Lombok Timur masuk sebagai daerah dengan petani jagung tertinggi ketiga di NTB, membuat TNI berinisiasi menciptakan produk yang bisa berguna dan bermanfaat bagi para petani. 


"Program Tales sendiri di dalamnya ada pengadaan pupuk cair yang dibuat berbahan dasar rumput laut", bebernya.


Program Petani Lestari merupakan inovasi baru yang digagas prajurit TNI dengan menciptakan pupuk organik cair berbahan dasar rumput laut. Pupuk organik cair tersebut akan disediakan para prajurit TNI di stasiun, sama dengan pengisian bahan bakar minyak (BBM). 


Ia menekankan bahwa tujuan dua program yang disinergikan dengan kegiatan TMMD Ke - 121 Tahun 2024 itu adalah untuk meningkatkan hasil pertanian utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan para Petani jagung di Kabupaten Lombok Timur. Dengan mengoptimalkan potensi Lombok Timur yang juga memiliki budidaya rumput laut di bagian Ekas dan sekitarnya.(red/yt).



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Lotim Dampingi Danrem 162/WB Luncurkan Pupuk Organik Cair Berbahan Rumput Laut Pertama Di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan