DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

PMK Mereda, Jumlah Hewan Di Lotim Surplus, Semua Hewan Kurban Dipastikan Sehat.

Friday, June 14, 2024, June 14, 2024 WIB Last Updated 2024-06-14T12:37:02Z
Photo Kadis Nakeswan Ir.H.Masyhur (Kanan), Kabid Keswan & Mavet drh.Hultatang.


Lombok Timur _ Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lotim memastikan ketersediaan hewan Kurban sehat dan tercukupi pada Idul Adha 1445 Hijriyah Tahun ini.


Disampaikan Kepala Disnakeswan Ir.H.Masyhur, jika tahun lalu ada kekhawatiran karena adanya wabah PMK, Maka di tahun ini berbeda. Dari pantauan Disnakeswan di kandang kandang kolektif, dapat dipastikan semua hewan Kurban baik Sapi maupun Kambing semua dalam kondisi sehat.


"Hewan Kurban di Lombok Timur Alhamdulillah sehat semua, terkait jumlah juga kita surplus tidak kekurangan, malah kita siap jual keluar daerah kalau ada yang mau silahkan pengusaha dari luar beli di Lotim. Cuman kembali lagi kepada kebijakan provinsi kalau mau mengeluarkan hewan dari pulau Lombok", ungkapnya di Kantornya Jum'at, (14/06).


Justru Disnakeswan berharap Etos atau minat masyarakat dalam berkurban bisa semakin meningkat tahun ini. Mengingat semakin banyak hewan yang di Kurban tentu akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi para peternak.


"Mari berkurban karena selain berburu pahala, juga menumbuhkan semangat berbagi, agar para peternak kita juga kecipratan berkah dan ekonomi mereka bisa meningkat", pinta H.Masyhur.


Hal senada disampaikan Kepala Bidang ( Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner drh.Hultatang saat di konfirmasi Media ini diruangannya. Ia menyebut dari hasil pantauan di lapangan semua hewan Kurban yang disiapkan di setiap kandang kolektif sudah di periksa dan dinyatakan Sehat.


"Alhamdulillah sehat semua, laporan Minggu lalu sudah mendekati seribu Hewan kurban. Kita harap semua petugas kita yang ada di UPT memerintahkan semua petugas medis tetap melakukan pantauan terhadap hewan kurban ", tandasnya.


Masih kata drh.Hultatang, para petugas medis disebar di desa - desa dalam beberapa pekan ini tetap inten melakukan pemeriksaan dan pengawasan terkait jumlah Hewan Kurban tahun ini. Disamping melihat ante mortem dan post mortemnya.


"Untuk jumlah validnya berapa hewan Kurban yang di potong kami peroleh satu atau dua hari setelah hari raya Kurban, karena biasanya di injury time baru pada mulai masuk laporannya", imbuhnya.


Disnakeswan Lotim berharap Tahun ini jumlah hewan Kurban bisa meningkat, karena jika mengacu pada tahun 2023 lalu saat wabah PMK melanda, masyarakat bisa menyembelih sampai 3.000 ekor hewan Kurban.


"Saat ini PMK sudah mereda dan tidak ada ditemukan kasus lagi. Tentu kita berharap lebih banyak tahun ini tapi kembali lagi kepada kemampuan ekonomi masyarakat kita", pungkasnya.


Terakhir Disnakeswan mengimbau para peternak untuk tetap waspada terhadap kesehatan hewan. Meskipun saat ini masih dalam tahap pembebasan PMK terutama pada kebersihan kandang. (red)





















Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMK Mereda, Jumlah Hewan Di Lotim Surplus, Semua Hewan Kurban Dipastikan Sehat.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan