DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Masjid At - Taqwa Pancor Sembelih 23 Ekor Sapi, Panitia Beberkan Alasannya.

Monday, June 17, 2024, June 17, 2024 WIB Last Updated 2024-06-17T09:46:44Z
Photo Ketua Panitia Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban Ir.M.Nazri, Senin (07/06/2024).


Lombok Timur - Masjid Besar At-Taqwa Pancor menyembelih 23 ekor Sapi pada momen Hari Raya Kurban 1445 Hijriyah. Berdasarkan data, Jumlah tersebut akan dibagikan kepada 3.000 masyarakat penerima daging Kurban yang tersebar di 4 Lingkungan.



"Pengurus menerima 23 ekor Sapi dan 3 ekor kambing yang datang dari Kelompok Masyarakat yakni Jema'ah, Lembaga dan Perorangan. Dagingnya akan dibagikan kepada 3.000 Jema'ah", ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban Ir.M.Nazri kepada Media ini Dilokasi penyembelihan Senin,(17/06).



Dengan perincian diantaranya dari Toko Sinar Bahagia 1 ekor Sapi, Toko Apollo 1 ekor Sapi, FIF sebanyak 2 ekor Kambing, TGB Zainul Majdi 1 Ekor, Hjh.Siti Rohmi Djalilah 1 ekor dan. H.M.Syamsul Lutfi 1 ekor Sapi. Sisanya berasal dari jemaah yang digabung dalam bentuk kelompok pemberi Hewan Kurban.


Disampaikan M.Nazri, jumlah hewan yang akan di Kurbankan tahun ini berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 33 ekor sapi.



Hal itu dikarenakan ada satu Lingkungan yakni Lingkungan Muhajirin yang memilih merayakan penyembelihan Hewan Kurban sendiri. Dari informasi yang diperoleh Panitia, adapun jumlah hewan Kurban yang di sembelih di Lingkungan Muhajirin adalah sebanyak 10 ekor Sapi.


"Tahun ini kita jumlah hewan kurbannya berkurang dikarenakan Lingkungan Muhajirin melaksanakan pemotongan hewan Kurban sendiri", tuturnya.


Dalam pembagiannya kami harus proporsional agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan hewan Kurban. Untuk Lingkungan Muhajirin tahun ini tidak mendapatkan daging hewan Kurban.



Kita konsentrasinya ke 4 Lingkungan yang ada di Kelurahan Pancor yakni Lingkungan Lauk Masjid, Lingkungan Bermi, Lingkungan Jorong dan Lingkungan Dayan Masjid 


Ada satu hal yang berbeda pada pelaksanaan penyembelihan Hewan Kurban tahun ini. Dari hasil keputusan Panitia Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban Masjid At-Taqwa Pancor. 


Walaupun Pengurban sudah menghadiahkan Kepala, Kaki dan Kulit Sapi Kepada Panitia. Akan tetapi, Pihak Panitia memutuskan semuanya kepada  Pengurus Masjid. Sementara Kulit Hewan Kurban dijual dan uangnya diserahkan kepada untuk Fakir miskin.



"Kami bagikan kepada semua Pengurus Masjid, kecuali Kulitnya karena proses pembagiannya agak sulit, maka kami putuskan untuk dijual lalu uangnya kami serahkan kepada Fakir Miskin", beber orang yang juga menjabat Sekretaris pada Pengurus Masjid tersebut.


Terakhir Panitia Penyelenggara Hari Raya Kurban Masjid Besar At-Taqwa berharap kepada semua warga Kelurahan Pancor agar semangat berkurban tetap semakin ditingkatkan. Mengingat selain sebagai upaya mendekatkan diri kepada ALLAH, juga sebagai wujud rasa syukur atas setiap rizki yang telah diberikanNYA.(red)


















Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masjid At - Taqwa Pancor Sembelih 23 Ekor Sapi, Panitia Beberkan Alasannya.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan