DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Masjid Al - Umary Kelayu Sembelih 40 Ekor Sapi.

Monday, June 17, 2024, June 17, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T22:20:37Z
Photo Ketua Panitia Penyelenggara Hewan Kurban H.Masyhun.


Lombok Timur - Di momen Idul Adha 1445 Hijriyah tahun 2024 ini Masjid Al Umary Kelayu masih bertahan dengan jumlah Hewan Kurban yang sama  dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 40 ekor Sapi. Terkumpul dari gabungan masyarakat 2 Kelurahan yakni Kelayu Utara dan Kelayu Selatan yang memiliki hajatan berkurban dan aqiqah.


Dengan jumlah Mustahik atau penerima Daging Kurban adalah sebanyak 3.646 orang terdiri dari 2 Kelurahan yakni Kelayu Utara dan Kelayu Selatan pengecualian untuk Lingkungan Kebun Tatar karena melakukan penyembelihan Hewan Kurban mandiri.


Ketua Panitia Penyelenggara Hewan Kurban dan Aqiqah Masjid Al Umary Kelurahan Kelayu, H. Masyhun menyampaikan salah satu perbuatan sunnah bagi ummat Islam adalah melaksanakan ibadah qurban yang telah diprakarsai oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.


"Kemudian terus dilanjutkan oleh Rasulullah SAW sebagai Nabi akhir zaman. Dan berlanjut kepada semua ummatnya yang sudah semestinya dilestarikan hingga saat ini", paparnya di Lokasi Penyembelihan area Masjid, Senin (17/06).


Untuk itu, lanjut  mantan Kacab Dikbud Lotim ini, Panitia yang telah di bentuk selalu berusaha agar pelaksanaan Ibadah Qurban dan Aqiqah pada tahun 1445 H yang merupakan tahun ke -24 pelaksanaan ibadah tersebut dapat berjalan dengan baik dan sukses sebagaimana yang diharapkan.



"Untuk memenuhi persyaratan transparansi dan akuntabilitas publik, maka panitia mengundang seluruh peserta qurban dan aqiqah atau keluarga peserta qurban dan aqiqah (bagi yang telah meninggal atau uzur red) sebelum hari pelaksanaan Ibadah Qurban dan aqiqah," terangnya.



Lebih jauh disampaikannya,  jika melihat trend banyaknya jumlah yang berqurban terbilang fluktuatif, yakni tergantung situasi dan kondisi masyarakat di tahun tersebut. Seperti pada 2021 lalu, Masjid Al Umary berhasil menyembelih sebanyak 50 ekor sapi dan 2 kambing.


Namun, karena faktor wabah Pandemi Covid 19, pada tahun 2022 lalu berkurang atau menurun menjadi  34 sapi. Ditahun  2023 lalu masyarakat dua Kelurahan tersebut bisa mengumpulkan 40 sapi. Dan ditahun ini masih bertahan di jumlah yang sama.


Adapun untuk  proses pelaksanaan penyembelihannya di laksanakan selama 2 hari, 20 ekor di hari pertama dan 20 ekor di hari kedua.



Teknis pengumpulan dana Hewan Kurban di Masjid Al Umary Kelayu normatif sama dengan tahun tahun sebelumnya yakni menggunakan dua cara. Pertama, melalui sistem tabungan mandiri yang diserahkan ke Panitia sesuai kemampuannya dan yang kedua ada jema'ah yang mengeluarkan sekaligus atau sistem cash dengan jumlah iuran per kepala sebesar Rp 2.650.000 ribu rupiah. Mengalami kenaikan dibanding tahun - tahun sebelumnya.


"Mudah - mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi yang berkurban, demi menumbuhkan semangat berbagi dengan sesama", tandasnya.(red)

















Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masjid Al - Umary Kelayu Sembelih 40 Ekor Sapi.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan