DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Lepas Mahasiswa Magang Ke Thailand, IAIH NWDI Titip Sejumlah Harapan.

Tuesday, June 25, 2024, June 25, 2024 WIB Last Updated 2024-06-26T06:57:29Z
Wakil Rektor III Dr.Abdul Hayyi Akrom Didampingi Salah Satu Rombongan Peserta Magang Student Mobility Internasional Muhammad Ihsan, Rabu (26/06/2024).


Lombok Timur - Kabar baik untuk Dunia Pendidikan datang dari Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NWDI Pancor Lombok Timur. Didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdul Hayyi Akrom, M.Pd pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2024 pihak kampus resmi memberangkatkan satu kelompok Mahasiswa untuk melakukan magang Student Mobility Internasional di wilayah Pattani Thailand.



Saat ditemui sejumlah Media, Dr.Hayyi Akrom memaparkan sejumlah harapan yang nantinya bisa memberi manfaat baik bagi Mahasiswa maupun warga masyarakat yang ada di Thailand. Selain sebagai upaya memberikan pengalaman tersendiri yang berbeda kepada mahasiswa saat berada diluar negeri.



"Saya hanya 3 hari disana, saya kira kami dari pihak kampus perlu memberikan pengalaman pengalaman baru kepada adik adik mahasiswa", tuturnya diruang kerjanya Rabu, (26/06).



Disamping itu, Mahasiswa juga diharapkan bisa membaur membantu masyarakat sekitar melalui kegiatan kegiatan sosial dan penghijauan lingkungan.



"Mudah-mudahan Student Mobility Internasional ini bisa meninggalkan kesan yang baik dan jejak yang bisa membawa manfaat seperti menanam sejumlah Pohon", bebernya.



Masih kata Dr.Hayyi, dari informasi yang diperoleh melalui mitra Kampus IAIH NWDI di Thailand , aktivitas lain dari para Mahasiswa yang magang di Pattani nantinya adalah membantu para guru di sekolah dan menebarkan syiar Islam melalui kajian - kajian dan pengajian - pengajian yang ada di sekitar Pondok Pesantren.



"Aktivitas nya selama disana adalah memberikan pengajian dan mengajar sesuai permintaan dari para guru disamping kegiatan kegiatan sosial lainnya", terangnya.



Lebih jauh dipaparkannya, kampus IAIH berpikir bagaimana kedepannya bisa hadir dalam lingkup yang lebih luas. Melakukan pertukaran Mahasiswa hingga mendatangkan Mahasiswa dari negara negara lain untuk bisa menimba ilmu di IAIH NWDI Pancor.



"Jadi kalau program perdana ini bisa berjalan, kita ingin juga terus bergerak dalam lingkup yang lebih luas yakni Asia Tenggara", harapnya.



Kampus IAIH lanjut Dr.Hayyi Akrom juga berharap dalam program berikutnya Student Mobility Internasional  akan dapat di lakukan di beberapa negara - negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura dan Filipina.



"Kami akan terus ikhtiar, melakukan perubahan perubahan, melakukan inovasi inovasi, upaya pendekatan dengan mitra di luar yang tujuan utamanya memajukan IAIH hingga bisa dikenal di negara lain, Alhamdulillah saat ini dikampus IAIH sudah ada 2 Mahasiswa dari Thailand", imbuhnya.



Adapun salah satu syarat Mahasiswa Prodi PAI tersebut magang di Negara Gajah Putih adalah harus mahir membaca Kitab Kuning. Memiliki prestasi yang bagus dibidang akademik. Disamping juga sudah menguasai adat istiadat, budaya dan kebiasaan masyarakat Thailand. Dengan  lama tinggal mahasiswa menebar ilmu dan menggali pengalaman disana adalah 1 bulan.



"Lamanya adik - adik kita di Thailand yakni selama 1 bulan saja", urainya.



Terakhir dijelaskannya bahwa pihak Kampus memberikan dukungan penuh baik materil maupun transportasi serta biaya hidup Mahasiswa selama berada disana.  



"Alhamdulillah semua difasilitasi oleh Kampus, termasuk biaya hidup selama disana mitra kita disana sudah menfasilitasi seluruhnya", tandasnya.



Ditempat yang sama salah seorang perwakilan mahasiswa PAI Semester VIII Muhammad Ihsan dari Desa Surabaya kecamatan Sakra Timur yang akan mengikuti Magang mengaku cukup senang dan bangga bisa mewakili Kampus IAIH menebar Syiar Islam di negeri Gajah Putih tersebut.



"Saya sangat bersyukur bisa menjadi Agen Kampus bisa mewakili teman teman disini. Dari keluarga Alhamdulillah sangat mensupport, semoga kami bisa memberikan yang terbaik untuk Kampus", ungkap Ihsan.(red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lepas Mahasiswa Magang Ke Thailand, IAIH NWDI Titip Sejumlah Harapan.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan