DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Upaya Tekan Angka Stunting, DP3AKB Lotim Hadirkan Program Dapur Sehat.

Monday, May 27, 2024, May 27, 2024 WIB Last Updated 2024-05-30T21:04:10Z
Kegiatan Peluncuran DASHAT Di Rupatama 2 Kantor Bupati Senin, (28/5/2024).


Lombok Timur - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Lombok Timur (Lotim) terus berupaya menurunkan angka stunting hingga mencapai target 14 persen.



Kepala DP3AKB Lotim  melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Masyarakat DP3AKB Lotim, L.Muhammad Anwar mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut, DP3AKB meluncurkan program Dapur Sehat (DASHAT) dengan memberikan pelatihan kepada para kader yang bertugas di masing-masing Kampung KB. Pelatihan dilaksanakan di Rupatama 2 Kantor Bupati Lotim, Senin (27/5).


 


"Kita melakukan orientasi pengelola DASHAT di Kampung KB,  kita akan mulai melaksanakan dapur sehat untuk mengatasi Stunting di kampung KB," terang L. Muhammad Anwar.


 


DP3AKB berharap hadirnya program DASHAT bisa menekan risiko stunting di tingkat keluarga dengan memberikan pemahaman tentang pengelolaan makanan yang akan dikonsumsi.


 


Sehingga program DASHAT dapat memberikan manfaat luas, terutama bagi keluarga rentan, ibu hamil, balita, dan ibu menyusui.


 

Ia menilai bahwa pola konsumsi yang salah dapat mengakibatkan anak mengalami stunting.


 


Selama ini, imbuh L.Anwar pola konsumsi makanan yang diterapkan oleh keluarga berisiko stunting cenderung mengandalkan makanan yang tidak bergizi seimbang dan tidak memilih bahan makanan yang sehat dan bergizi.


 


"Nanti kader-kader kita ini akan mengajarkan masyarakat, terutama keluarga berisiko stunting, bagaimana cara mengolah makanan yang ada di sekitar untuk bisa mendapatkan gizi seimbang," ucapnya.


 


Masih kata L.Anwar, melalui pendampingan para kader pengelola DASHAT, masyarakat diharapkan bisa lebih kreatif dalam membuat makanan. Dari makanan yang sebelumnya tidak disukai anak menjadi disukai dan kaya akan gizi.


 


Dari data DP3AKB disebutkan, jumlah keluarga berisiko Stunting dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan di Lombok Timur.


 


Pada tahun 2021, jumlah keluarga berisiko stunting sebanyak 152 ribu. Sedangkan pada tahun 2022 turun menjadi 96 ribu dan pada tahun 2023 menjadi 79 ribu.


 


"Keluarga risiko Stunting memiliki risiko melahirkan anak-anak yang mengalami stunting. Oleh karena itu, kita harus menangani keluarga risiko stunting ini," ujarnya.


 


Kepala Dinas DP3AKB Lotim, H Ahmat, menjelaskan bahwa keluarga risiko stunting dibagi menjadi beberapa kelompok.


 


Kelompok prioritas keluarga stunting adalah ibu hamil, dengan jumlah ibu hamil di keluarga berisiko stunting tercatat sebanyak 9.000 orang. Prioritas selanjutnya adalah batuta dengan jumlah 27.063 anak.


 


"Jika ibu hamil dan batuta yang menjadi prioritas kita dapat diatasi, Insya Allah, kasus stunting di Lotim akan terus menurun. Saat ini ada 79 ribu keluarga risiko stunting yang terus dikontrol oleh tim pendamping keluarga kami," ungkapnya.


 


Sebagai informasi tambahan, semua desa di Lotim telah memiliki Kampung KB. Namun, tidak semua desa memiliki Dapur Sehat. Dari 254 desa di Lotim, baru 102 desa yang sudah memiliki DASHAT.(red)


 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Upaya Tekan Angka Stunting, DP3AKB Lotim Hadirkan Program Dapur Sehat.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan