DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

'PEPADU SAKTI' Program Kesehatan Lotim Menuju Tercapainya UHC.

Tuesday, April 16, 2024, April 16, 2024 WIB Last Updated 2024-04-17T20:29:25Z

 


Lombok Timur - Penjabat Bupati Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik meluncurkan Program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (PEPADU SAKTI), Selasa pagi (16/4/2024) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Raden Soedjono, Selong.


Program tersebut melibatkan Dinas Dukcapil dan RSUD. dr.Raden Soedjono Selong. Adapun target hajat program tersebut diluncurkan guna mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit serta membantu tercapainya Universal Health Coverage ( UHC ) di Lombok Timur.


Penjabat (Pj.) Bupati Lotim H.M.Juaini Taofik M.AP saat melaunching program tersebut mengapresiasi ide dan kerja sama yang terjalin baik antara Dinas Dukcapil Lotim  dan RSUD dr. Raden Soedjono Selong. Sehingga program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi yang disingkat ‘PEPADU SAKTI’ itu bisa dibuka.


Adapun Program kolaborasi itu tersedia selama 24 jam dengan petugas yang berasal dari perawat RSUD dan OPD terkait. Nantinya, para petugas yang ditunjuk bertugas menerbitkan NIK dan KTP online, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, KK baru bagi keluarga yang memiliki penambahan anggota keluarga, dan akta kematian, serta BPJS.


“Program ini nantinya juga mampu memberikan pelayanan administrasi di rumah sakit dengan menyediakan pelayanan langsung kepada pasien di tempat tidur mereka,” terang H.M.Juaini Taofik.


Pj. Bupati menambahkan, dengan program 'PEPADU SAKTI' diharapkan proses administrasi di rumah sakit menjadi lebih cepat dan efektif. Sehingga memungkinkan para Petugas Medis dapat fokus sepenuhnya pada perawatan pasien.


Dia juga mengingatkan OPD terkait agar lebih mengutamakan pasien yang berasal dari keluarga miskin dan disabilitas dalam pelayanannya. 



Program itu imbuh Juaini Taofik  akan melibatkan Petugas administrasi yang memang sudah dilatih khusus untuk memberikan layanan langsung kepada pasien di rumah sakit. 



Oleh karenanya, masyarakat selaku Pasien tidak perlu lagi mengurus berbagai administrasi di loket pendaftaran, melainkan semua proses tersebut akan dilakukan secara terintegrasi di tempat tidur pasien.



“Dengan adanya 'PEPADU SAKTI', waktu tunggu pasien di rumah sakit dapat diminimalisir, sehingga proses penanganan untuk kesembuhan Pasien dapat berjalan lebih lancar, efektif dan efisien,” tandasnya.(red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 'PEPADU SAKTI' Program Kesehatan Lotim Menuju Tercapainya UHC.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan