DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Warga Pringgabaya Utara Digegerkan Penemuan Ikan Paus.

Tuesday, March 5, 2024, March 05, 2024 WIB Last Updated 2024-03-06T05:53:38Z

 

Photo Penampakan Ikan Paus Jenis Mbongkok Di Pantai Bang - Bangan Kecamatan Pringgabaya Rabu, (6/3/24).

Lombok Timur _ Warga Pringgabaya Utara Digegerkan dengan penemuan lkan Paus jenis Mbongkok yang terdampar di Pantai Bang - Bangan Dusun Bang - Bangan  Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur - NTB.


Dari Informasi yang dihimpun Polres Lotim, ikan Paus malang itu ditemukan warga sekitar pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2024 Sekitar pukul 23.00 WITA.Dengan ukuran besar panjang sekitar 15 meter.


Paus Mbongkok tersebut terdampar di pesisir Pantai dalam keadaan hidup oleh salah seorang warga bernama Marjan (29 Thn), masyarakat Desa Pringgabaya Utara yang dibantu 3 warga  lainnya atas nama Saepudin, Abdul Rahman dan M. Rosidi asal Dusun Kuranji Desa Pringgabaya Utara.


Ikan Paus tersebut ditemukan dalam kondisi mengapung dan masih hidup  tepatnya di pesisir pantai Tambak Udang PT. Prima Rinjani Makmur.


Hal itu dibenarkan Kapolres Lotim melalui Kasi Humas Polres Lotim IPTU Nicolas Oesman melalui keterangan rilis yang diterimanya dari Kasat Polairud Lombok Timur.


"Memang benar laporan itu, diperkirakan faktor yang menyebabkan terjadinya ikan paus terdampar akibat air laut surut sehingga Ikan Paus tidak bisa kembali ke laut lepas", terangnya Rabu, (6/3).


Adapun kronologis kejadiannya, sekitar pukul 23..00 WITA, Sdr. Marjan akan melaksanakan mancing di darat di pesisir Pantai Tambak Udang PT. Prima Rinjani Makmur Dusun Mbang Mbangan, Desa Pringgabaya Utara.


Tak berselang lama, dia kemudian melihat ada yang mengapung seperti Ikan Paus terdampar. Kemudian ia memanggil warga lainnya  untuk memastikan keberadaan ikan paus dari jarak dekat. Setelah dicek ternyata benar ada Ikan Paus hanyut dan terdampar di pesisir Pantai.


Marjan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Kawil Dusun Bangan Bangan Lalu Nasibun dan Zulkarnaen Kades Pringgabaya Utara. Lalu diteruskan ke Babinsa Pringgabaya Utara Koptu  Ali Usman.


Pada Rabu tanggal 6 Maret 2024 sekitar pukul 08.00 WITA, Airud Polres Lotim bersama Polisi Pamong praja Kecamatan Pringgabaya tiba di lokasi untuk membantu melakukan evakuasi.


Dibantu warga sekitar, pukul 09.15 WITA  Kapal Patroli Pol Airud Polres Lotim dibantu Kapal Nelayan pencarian ikan melaksanakan evakuasi penarikan ikan paus terdampar ke tengah laut. Hingga akhirnya Ikan Paus tersebut sudah bisa di evakuasi ke tengah laut dan di kembalikan ke habitatnya.(red)










 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Pringgabaya Utara Digegerkan Penemuan Ikan Paus.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan