DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Jelang Kunker Presiden RI, Pemda Lotim Sampaikan Komitmen Dukung Penuh Piloting Pengembangan Rumput Laut.

Friday, February 23, 2024, February 23, 2024 WIB Last Updated 2024-02-23T13:50:58Z

 


Lombok Timur - Antisipasi dan persiapan mencapai puncaknya, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tengah mempersiapkan diri dengan penuh semangat untuk menyambut kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, pada hari Kamis, 29 Februari 2024 mendatang.


Dalam sebuah pertemuan daring yang dilangsungkan hari ini, Rabu (22/02/2024), Pemerintah Daerah Lotim melalui Zoom Meeting dengan pemerintah pusat menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh pelaksanaan program piloting pengembangan rumput laut. 


Pj. Sekda Lombok Timur, H. Hasni, menjelaskan bahwa program tersebut bukan hanya sekadar proyek, melainkan langkah strategis dalam memperkuat sektor kelautan dan perikanan, mendukung perekonomian, serta pembangunan daerah.


"Rencananya, Presiden Jokowi akan meluncurkan proyek ini di Teluk Ekas, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lotim, Nusa Tenggara Barat (NTB)", terang H.Hasni. 


Ia menambahkan, Proyek budidaya rumput laut skala besar seluas 100 Ha akan menjadi terobosan pertama di Indonesia, dikelola secara terintegrasi oleh satu perusahaan. Penggunaan teknologi mekanisasi dari hulu ke hilir menjadi fokus utama, dengan hasil produk berupa biostimulan, bioplastic, dan dalam jangka panjang, biofuel.


Bukan hanya aspek teknis yang dibahas dalam pertemuan tersebut , namun juga berbagai persiapan lainnya, mulai dari kebersihan area acara hingga transportasi yang akan digunakan Presiden Joko Widodo di Ekas. 


Pemerintah daerah dan pusat bersatu padu untuk memastikan kesuksesan proyek ini dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Lotim, khususnya yang berada di sekitar Teluk Ekas.


Dengan komitmen yang kuat dan dukungan penuh, Lotim berharap proyek ini akan menjadi tonggak penting dalam mengembangkan potensi ekonomi dan pariwisata di Teluk Ekas serta menciptakan model baru dalam budidaya rumput laut di Indonesia. 


Semua mata tertuju pada tanggal 29 Februari 2024, saat Presiden Jokowi akan meresmikan proyek yang menandai era baru bagi Lotim dan Indonesia dalam pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan. (red)








Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Kunker Presiden RI, Pemda Lotim Sampaikan Komitmen Dukung Penuh Piloting Pengembangan Rumput Laut.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan