DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

SBMI Angkat Bicara Soal Alasan Penundaan CPMI Berangkat Karena Pemilu 2024.

Saturday, January 6, 2024, January 06, 2024 WIB Last Updated 2024-01-06T14:31:53Z


Lombok Timur - Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) NTB Usman  mengatakan bahwa tidak ada kaitannya antara Pemberangkatan CPMI dengan Pelaksanaan Pemilu 2024. Pengecualian Negara tujuan Malaysia yang sampai saat ini ada penundaan Job.


"Permainan Tekong saja itu, Kemungkinan visa dan jobnya memang belum ada itu, perusahaannya alasan saja dan asal rekrut", ungkap Usman Saat Dikonfirmasi Media ini Sabtu, (6/1/24).


Kalau pemberangkatan CPMI di kaitkan dengan  Pemilu  kata dia tidak ada kaitannya, pengecualian jika Pemilihan itu  dilakukan dalam minggu - minggu ini dan CPMInya mepet mendaftar.


"Ndak ada itu, namun kalau ke Malaysia setau saya saat ini memang ada penundaan job", terang Usman.


Ia menambahkan untuk pemberangkatan PMI ke Timur Tengah diakuinya sejak Tahun 2022 lalu belum jelas pemberangkatannya. Hal itu disebabkan oleh moratorium yang dicabut dan pemberangkatannya melalui satu canal.


"Kalau Timur Tengah belum Clear pemberangkatannya walaupun beberapa bulan lalu atau tahun 2022 lalu sudah di cabut moratorium nya dan berangkat satu kanal. 


Usman juga menegaskan bahwa hingga saat ini berdasarkan informasi satu pintu yang diterima Serikat Buruh Migran Indonesia, tidak ada pemberangkatan ke Timur Tengah karena visa nya memang belum ada.


"Tapi berubah lagi sampai sekarang  tidak ada pemberangkatan jika ada yg rekrut berarti tidak memiliki job namun hanya rekrut saja berangkat gak ada", tegasnya.


Terakhir ia mengimbau kepada masyarakat agar hati hati memilih Perusahaan agar tidak tertipu karena jika uang sudah masuk ke perusahaan, sulit proses pengembaliannya.


"Yang  benar PT itu harus memiliki job dan visa dulu,  jika ini tdk ada di pastikan PT asal rekrut saja dan minta CPMI keluarkan uang akhirnya CPMI tetap di korbankan", tandasnya.



Kepada media ini seorang Calon pekerja Migran Indonesia inisial HD asal Selong yang enggan menyebut nama PT yang memberangkatkannya itu mengatakan dirinya sudah mendaftar untuk menjadi Calon PMI dengan negara tujuan Saudi Arabia sejak Oktober 2023 lalu. Lama menunggu dan berharap segera berangkat justru dia dan teman temannya dijanjikan oleh Tekong yang bersangkutan untuk berangkat Setelah Pemilu 2024 . 


Sementara biaya yang sudah masuk ke Perusahaan yang memberangkatkannya tersebut bersama teman temannya sudah 50 persen dari biaya keseluruhan atau sekitar 15 juta rupiah.


"Kami dijanjikan berangkat setelah Pemilu 2024, kata perusahaan tidak ada visa turun kalau belum Pemilu, karena gak dibolehkan oleh Pemerintah, harus milih dulu", keluhnya. (red).




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SBMI Angkat Bicara Soal Alasan Penundaan CPMI Berangkat Karena Pemilu 2024.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan