DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

PEKKA Pada Mele Sukamulia Timur Di Kunjungi Perwakilan Parlemen Australia.

Friday, January 19, 2024, January 19, 2024 WIB Last Updated 2024-01-19T12:56:37Z

Proses pembuatan kopi hitam dengan tiga parian rasa yang unik di PEKKA Pada Mele Di Sukamulia Timur, Kamis (18/01).


Lombok Timur - Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Pada Mele, di dusun Dasan Tiga, Desa Sukamulia Timur, menerima kunjungan perwakilan Parlemen Australia. Kunjungan ini menjadi lanjutan setelah mereka, sebelumnya mengunjungi sekolah perempuan di Balai Desa Loyok, Kecamatan Sikur, sebagai bagian dari Australia Leadership Initiative (ARLI).


Fokus kunjungan kali ini adalah melihat secara langsung proses pembuatan kopi hitam dengan tiga parian rasa yang unik di PEKKA Pada Mele. 


Meskipun sebelumnya perwakilan inklusi hanya melihat melalui media sosial dan video, mereka sangat tertarik dengan proses tradisional dan keunikan para janda yang mendominasi kelompok ini.


Fitriah, perwakilan dari PEKKA Pada Mele, menyatakan rasa terhormat kelompoknya mendapat kunjungan perwakilan Parlemen Australia dalam program inklusi. 


"Kami siapkan bahan mentah kopi dan memperlihatkan seluruh proses pembuatannya, seperti yang telah mereka lihat dalam video yang dikirim waktu itu," ujarnya pada Kamis, 18 Januari 2024.


Pemerintah Desa Sukamulia Timur juga merasa terhormat atas kunjungan tersebut, menyebut bahwa sejak keberadaan beberapa kelompok binaan, desa tersebut semakin dikenal di berbagai kalangan. 


"kedepannya pemerintah desa, terus meningkatkan kapasitas SDM dan fasilitas guna mendukung keberhasilan kelompok-kelompok seperti PEKKA Pada Mele,"ujar Saripudin, Sekretaris Desa Sukamulia Timur.


Pemerintah Desa Setempat, juga merasa terhormat dikunjungi. Karena, sebelumnya Desa Sukamulia Timur belum begitu dikenal.


"Sejak keberadaan beberapa kelompok-kelompok binaan ini, Desa Sukamulia Timur mulai bangkit dan diketahui banyak kalangan,"kata Saripudin, Sekretaris Desa Sukamulia Timur.


Kedepan, sambung Saripudin, Pemerintah Desa terus akan berupaya membina kapasitas SDM dan membantu dari segi fasilitas. 


Keberadaan dan keberhasilan kelompok ini, tidak hanya menjadikan nama pemerintah desa bagus. Akan tetapi masyarakat sekitar mandiri, membuka peluang pekerjaan dan ekonomi sekitar juga meningkat. (red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PEKKA Pada Mele Sukamulia Timur Di Kunjungi Perwakilan Parlemen Australia.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan