DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Sabet Juara Lomba Puskeswan Terbaik Tingkat Nasional, Ini Harapan Disnakeswan Lotim.

Wednesday, December 20, 2023, December 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T23:03:45Z



Lombok Timur - Setelah Puskeswan Montong Gading Lotim berhasil mendapatkan Juara 2 terbaik di Tingkat Nasional. Disnakeswan Lotim berencana akan membawa Puskeswan Sikur pada Lomba Puskeswan Terbaik Nasional tahun 2024 mendatang.


Hal itu disampaikan drh.Hultatang, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) kepada Media ini diruangannya Rabu, (20/12/23).


"Yang sudah juara kita pertahankan, Puskeswan yang lain kita upayakan bisa ikut Lomba juga, dan Tahun depan kita rencana akan membawa UPT.Puskeswan Sikur, mudah mudahan bisa Juara 1", terang Hultatang.


Kedepannya lanjut dokter Hewan ini, semua Puskeswan yang ada akan diupayakan memiliki fasilitas yang sama seperti UPT. Montong Gading dan memiliki Petugas Desa Binaan atau Kader Desa yang  berada di setiap Desa. 


Sehingga harapannya bisa diketahui bagaimana populasi ternak yang ada di desa itu dan bagaimana upaya dan mekanisme pelayanan Kader dalam pembebasan penyakit baik yang bersifat zoonosis maupun penyakit baru.


"Seperti UPT Puskeswan Montong Gading , Modelnya itu kita memanage kesehatan hewan langsung di tatanan Desanya, sehingga segala permasalahan terkait penyakit ternak bisa tertangani didesa melalui Petugas Binaan yang kami sebar", ungkapnya.


Diakuinya, semua program kegiatan yang dilakukan memang membutuhkan waktu, tenaga  dan anggaran yang tidak sedikit. Hanya saja dengan kemampuan yang dimiliki, Disnakeswan Lotim akan berupaya membangun komunikasi antara UPT. Puskeswan dan Desa. 


Oleh karenanya, Disnakeswan berharap semua Desa yang memiliki populasi ternak tinggi mau membuka ruang kerjasama yang baik agar semua program yang disiapkan dalam upaya menekan penyakit pada hewan bisa berjalan sesuai target yang diharapkan Pemerintah.


"Karena Desa punya anggaran juga untuk Ketahanan Pangan yang sudah di patok dari Pusat 20 Persen. jadi bagaimana  caranya? Tentu kami akan coba jalin kerjasama dengan Desa - Desa yang memiliki populasi ternak  agar program yang kami jalankan ini bisa berjalan", imbuh Hultatang.


Sebelumnya, Disnakeswan Lotim menghadiri penyerahan Hadiah kepada pemenang Lomba Puskeswan Terbaik Tingkat Nasional yang diadakan Kementerian Pertanian RI. Penghargaan diserahkan oleh Kementerian Pertanian pada acara temu Puskeswan Nasional 2023 di Hotel Big Land Bogor, Selasa (12/12/2023).


Disnakeswan Lotim melalui Kabid Keswan dan Masyarakat Veteriner  mengutarakan, prestasi ini menjadi kebanggaan bagi Lombok Timur, khususnya UPT Puskeswan Montong Gading yang telah berhasil mengangkat nama daerah di kancah Nasional.(red).




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sabet Juara Lomba Puskeswan Terbaik Tingkat Nasional, Ini Harapan Disnakeswan Lotim.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan