DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Pj.Bupati Lotim Pimpin Rakor Evaluasi Kinerja Akhir Tahun Dan Beberkan Sederet Prestasi.

Wednesday, December 27, 2023, December 27, 2023 WIB Last Updated 2024-01-05T00:30:57Z

 

Pj. Bupati Lotim Juaini Taofik saat Memimpin Rapat Evaluasi Akhir Tahun Rabu,(27/12/23).

Lombok Timur - Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik memimpin rapat koordinasi evaluasi kinerja akhir tahun menjelang tahun anggaran 2024. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Utama 1 Kantor Bupati tersebut di hadiri oleh seluruh kepala OPD, Asisten dan Staf ahli serta Kepala bagian lingkup Setda dan Camat se - Kabupaten Lombok Timur.



Pada kesempatan itu H.M. Juaini Taofik  menyebut prestasi-prestasi yang di raih Kabupaten Lombok Timur baik di tingkat Provinsi maupun Nasional di berbagai sektor, mulai dari sektor keuangan termasuk penghargaan sebagai pelaksana DAK terbaik dari kementrian keuangan. 


"Alhamdulillah kita sudah banyak memperoleh prestasi dan penghargaan, mudah mudahan kedepannya capaian capaian itu bisa kita pertahankan bila perlu kita tingkatkan", ucapnya Rabu, (27/12).


Selain itu, beberapa OPD juga turut menyumbang prestasi pada Tingkat Provinsi maupun Nasional, diantaranya Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian yang dari tahun 2021 hingga 2023 selalu konsisten menyumbang penghargaan.


Dari sektor Kesehatan, Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Kesehatan sepanjang tahun 2023 memperoleh 7 penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI, dengan kategori Sanitarian berprestasi, Bidan berprestasi, Posyandu berprestasi, Healt Financing, juara 3 ECCNE untuk akselerasi penurunan stunting, juara 1 Kader berprestasi, dan Posyandu Inovasi.


Sementara dari sektor Pendidikan, Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sepanjang tahun 2023 memperoleh 13 penghargaan dari BPMP NTB Award diantaranya pada kategori pemenuhan anggaran dalam standar pelayanan minimal Pendidikan, pemanfaatan rapor Pendidikan, kinerja assesmen nasional, percepatan digitalisasi sekolah, kualitas data Dapodik dan lain lain. 



Pada bidang pelayanan publik, Kabupaten Lombok Timur juga mendapatkan penghargaan dari Ombudsman Pusat sebagai Kabupaten yang mendapatkan Penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023. 



Pj.Bupati mengingatkan untuk terus mempertahankan prestasi-prestasi tersebut.


Bupati juga meminta agar realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat di tingkatkan baik yang di peroleh dari pajak maupun retribusi. Adapun realisasi PAD pada tahun ini sekitar Rp. 381 Milyar dengan persentase 58% dari target. 


Angka tersebut telah melampaui realisasi PAD tahun 2022 hanya 320 milyar.  Jumlah tersebut di peroleh dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan daerah yang di pisahkan serta dari lain lain PAD yang sah.


Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Bapenda Lombok Timur, H. Muksin, PAD Lotim tahun 2023 terekam pada SEMPAD sebesar 380. 888.000.000 dan masih ada tambahan lagi dari Jasa Giro sekitar 400 juta. 


Sehingga pada tahun 2023 Lotim bisa pada angka 381 Milliaran lebih. Dari berbagai sumber PAD, retribusi pasar tradisional menjadi sorotan Penjabat Bupati.  



Ia memerintahkan OPD terkait untuk melibatkan ASN dalam pengelolaan retribusi pasar dengan sistem setor harian juga penerapan digitalisasi pada tahun mendatang. 



Hal tersebut diharapkan dapat di terapkan di seluruh pasar tradisional yang ada di lombok timur juga mengoptimalkan PAD yg bersumber dari retribusi pasar.



Sementara itu Pj. Sekda Lombok Timur Hj. Baiq Miftahul Wasli menyampaikan hasil evaluasi RPJMD lombok timur periode 2018-2023 mendapat nilai sangat baik dengan skor lebih dari 94 yang di nilai dari dari berbagai aspek meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, aspek daya saing daerah, serta aspek pelayanan umum. 



Adapun acuan evaluasi yakni 50 indikator kinerja utama yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Lombok Timur. Iapun mengapresiasi kontribusi seluruh perangkat daerah dalam mewujudkan skor tersebut. (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj.Bupati Lotim Pimpin Rakor Evaluasi Kinerja Akhir Tahun Dan Beberkan Sederet Prestasi.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan