DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Kepala Disnakeswan Lotim Pastikan DAK Fisik 10 UPT Puskeswan Tuntas Bulan Ini.

Friday, September 1, 2023, September 01, 2023 WIB Last Updated 2023-09-02T01:03:01Z

Ir.H.Masyhur - Kepala Disnakeswan Lotim
Dokumentasi Jum'at,(1/9/23).


Lombok Timur _Dana Alokasi khusus (DAK) yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk renovasi 10 UPT Puskeswan dipastikan Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Lotim tuntas 100 persen pertengahan bulan September ini. 


Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Ir.H.Masyhur, pada triwulan ketiga ini capaian pengerjaan fisik dari DAK untuk rehabilitasi UPT Puskeswan sudah dikatakan mendekati rampung.


" Alhamdulillah terkait DAK kita di Triwulan ketiga ini hampir finish semuanya, artinya hampir 100 persen", tuturnya saat ditemui diruang kerjanya Jum'at, (1/9/23).


Diakuinya memang ada sebagian pekerjaan yang tidak tersentuh oleh DAK Fisik. Namun ia menegaskan bahwa bagian itu tidak masuk kedalam RAB yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Akan tetapi ia meminta kepada rekanan agar itu juga diselesaikan meskipun tidak tertulis di dalam RAB seperti halnya pengecatan dinding ruangan.


"Cat ruangan tidak ada di RAB, tapi kalau acuan kita DAK fisik sesuai RAB Alhamdulillah progresnya sudah cukup bagus", sambungnya.


Dari hasil uji petik Sekretariat Daerah melalui Bagian Administrasi Pembangunan, kata dia menilai 10 UPT Puskeswan yang di renovasi sudah dinilai bagus dan layak. Bahkan sebagian bangunan Puskeswan dinilai melebihi spek yang seharusnya. 


"Selama sekitar dua Minggu kami turun kelapangan, melakukan pengecekan. Hasilnya, mereka mengaku merasa puas dengan fisik bangunan yang begitu bagus.

Bahkan  banyak bangunan yang justru melebihi dari spek", imbuhnya.


Saat ini sambung Ir.Mashyur, tinggal bagaimana upaya penyelesaian tim pelaksana dilapangan untuk menuntaskan sisa pembayaran kepada rekanan.


"Kami berharap kepada teman teman pelaksana di lapangan semoga pada pertengahan September bulan ini semuanya tuntas baik fisik maupun keuangannya pembayaran terhadap rekanan semuanya bisa tuntas 100 persen", pintanya.


Ir. Masyhur menambahkan saat  ini dari 10 bangunan UPT Puskeswan yang di rehab sudah ada sebagian yang sudah di serah terima sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over/PHO)  bahkan ada yang sudah selesai. 


Ia menyebut anggaran DAK untuk 10 unit UPT Puskeswan yakni sekitar 3 Milyar, yang diperuntukkan khusus untuk rehab total pembangunan fisik Puskeswan.  Sementara untuk hubungan antara rekanan dan Instansi terkait kata dia terbilang cukup baik.


" Kita dengan pihak rekanan hubungannya tidak ada masalah, cukup baik karena selama kami pantau dilapangan pengerjaan fisik semuanya sudah tuntas.


Setelah ini, Disnakeswan tinggal menunggu proses pengerjaan untuk dana Pokok - pokok Pikiran (Pokir) aspirasi DPRD di Triwulan ke empat.


"Kita hanya menunggu kegiatan Pokir saja di triwulan keempat ini, setelah itu tuntas", ungkapnya 


Disnakeswan Lotim berharap dengan suksesnya pengerjaan yang bersumber dari DAK Fisik tahun ini, di ditahun tahun mendatang pengerjaannya tidak mendapat kendala terutama pada keterlambatan. Sehingga pengerjaannya bisa tepat sasaran, tepat jadwal, tepat peruntukannya dan tepat pengerjaan serta tepat guna.


"Harapan saya setelah pengerjaan Kegiatan ini, untuk tahun tahun kedepan tidak ada lagi ada istilah keterlambatan baik pembangunan maupun penyelesaian pembayaran, ", pungkasnya.


Ditempat terpisah Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda Lotim Lalu Jamiri membenarkan apa yang disampaikan Kadis Peternakan dan Keswan. Dimana dari hasil Uji Petiknya bersama tim diperoleh data laporan pengerjaan fisik rehab Puskeswan sudah memenuhi semua unsur dan mendekati 100 persen.  


"Sudah memenuhi semua unsur, pembangunan fisik mendekati 100 persen atau  sudah 95 persen", terangnya. (red).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepala Disnakeswan Lotim Pastikan DAK Fisik 10 UPT Puskeswan Tuntas Bulan Ini.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan