DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Proyek PL Yang bersumber Dari DAK Dinas Dikbud Lotim Rampung Lebih Awal.

Friday, August 25, 2023, August 25, 2023 WIB Last Updated 2023-09-02T01:50:55Z

 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK 2023, Edi Nur Harianto diruangannya Jum'at, 25 Agustus 2023.

Lombok Timur _Proyek Penunjukan Langsung (PL) Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim rampung lebih awal atau sesuai rencana yakni pada akhir Juni lalu.



Sebagaimana disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK 2023, Edi Nur Harianto diruangannya Jum'at, 25 Agustus 2023.


Dimana, paket PL yang dikerjakan dari DAK Pusat dan berakhir Juni lalu adalah sebanyak 19 paket  dengan rincian 12 paket  di SMP serta 7 paket pada PAUD. Saat ini kata Edi sudah memasuki tahapan pemeliharaan oleh rekanan sehingga pihaknya  sedang fokus pada proyek tender.


“Khusus yang SMP pekerjaan PL berakhir 30 Juni, sekarang masuk masa pemeliharaan sampai Desember, serta fokus untuk pekerjaan yang tender,” jelasnya.



Masih kata Edi, pada tataran pelaksanaannya ada beberapa hal yang menjadi catatan penting di antaranya spesifikasi material yang mutlak di jalankan sesuai dengan ketentuan oleh rekanan


“Jadi,  catatan penting kami tentunya adalah spesifikasi, hal itulah yang selalu kami tekankan kepada pengawas bahkan apabila material sudah terpasang namun tidak sesuai spek kami bongkar,” ujarnya.



Sebelum pelaksanaannya, lanjut Edi, penerima manfaat baik dari Kepala Sekolah maupun Yayasan di minta proaktif dalam menjamin mutu dan spek dari material tersebut. Namun sejauh ini pihaknya belum menemukan kontraktor yang sulit di peringati sehingga kecil kemungkinan untuk memutus kontrak.


“Semua elemen yang terlibat kami tekankan proaktif mengawasi jalannya pekerjaan. Sehingga belum di temukan rekanan yang susah di peringati,” imbuhnya.


Sementara untuk serapan tenaga kerja, PPK memastikan sistem tenaga kerja lokal terberdayakan.Kecuali memang kalau sifatnya teknis baru wewenangnya rekanan.


“Setiap wilayah tentunya beda-beda situasi karenanya dalam pengerjaannya sebisa mungkin menggunakan tenaga lokal. Di samping berkoordinasi dengan Pemerintah Desa,” beber Edi.


Lebih jauh disampaikannya, PPK optimis mampu mempertahankan predikat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur sebagai serapan maupun progres DAK terbaik Nasional.


“Ini juga memang beban berat mempertahankan Dikbud pada posisi terbaik progres DAK. Namun dengan segala runutan serta minimnya masalah kami optimistis mampu mempertahankan prestasi tersebut,” pungkasnya. (red).





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Proyek PL Yang bersumber Dari DAK Dinas Dikbud Lotim Rampung Lebih Awal.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan