DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Pemda Lotim Teken MoU Dengan LPSDM.

Wednesday, July 26, 2023, July 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-29T22:02:45Z

 


Selong - Pemerintah Kabupaten Lotim  resmi menandatangi nokta kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra (LPSDM).


MoU  terkait Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah Berperspektif Kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial (GEDSI) dalam program INKLUSI di Kabupaten Lombok Timur pada Rabu Pagi, (26/07).


MoU tersebut mencakup program pendampingan kelompok masyarakat dalam meningkatkan partisipasi wanita dan kelompok marjinal dalam pembangunan sehingga dapat merasakan manfaat dari pembangunan di bidang sosial budaya, ekonomi dan politik.


Direktur LPSDM Ririn Hayudiani mengatakan program ini menjadi penguat kolaborasi LPSDM dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan OPD terkait, mengingat dari sasaran programnya mencakup 6 tematik yakni identitas hukum, jaminan sosial, pengawalan implementasi tindak kekerasan seksual,  mencegah perkawinan anak, dan pemulihan pasca Pandemi COVID-19 serta memastikan keterlibatan kelompok rentan dan wanita dalam mengambil keputusan, sehingga tujuan dari program tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


"Nokta kesepahaman ini adalah penguat kolaborasi antara Pemda Lotim dengan kami di LPSDM," terangnya.


Ia menambahkan, program tersebut juga nantinya akan dilaksanakan di 12 Desa binaan yang ada di Kabupaten Lombok Timur.




Pemilihan 12 Desa tersebut berdasarkan hasil identifikasi masalah yang kompleks yang ada di desa terkait.Termasuk tingginya angka perkawinan anak, KDRT, kekerasan seksual dan partisipasi perempuan yang masih rendah.


Untuk itu, perspektif GEDSI, Disabilitas, dan INKLUSI masuk kedalam pembangunan baik tingkat Desa dan Kabupaten agar pembangunan dirasakan oleh masyarakat. 


"Tentu dengan harapan ditekannya MoU GEDSI tersebut, adanya perubahan yang signifikan di 12 Desa yang akan dibina", tutup Ririn.(red)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemda Lotim Teken MoU Dengan LPSDM.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan