DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Semarak Idul Adha, Panitia Qurban Masjid Jami' Al Umary Kelayu Potong 40 Sapi.

Thursday, June 29, 2023, June 29, 2023 WIB Last Updated 2023-06-29T14:30:28Z

 

Ketua Panitia Pelaksana Hewan Qurban -Dr.H.Masyhun,M.Pd. 

Lombok Timur -  Panitia Qurban Masjid Jami' Al Umary Kelayu, Kecamatan Selong di Hari Raya Idul Adha Tahun ini berhasil  mengumpulkan dan menyembelih 40 hewan qurban jenis Sapi. Terkumpul dari iuran dana Qurban dan Qurban dari perorangan dua Kelurahan yakni Kelurahan Kelayu Utara dan Kelurahan Kelayu Selatan.


Semua Sapi tersebut akan diberikan kepada 3.229 mustahiq dengan berat daging sekitar 1 Kg. Proses pemotongan dan pembagian daging qurban dipusatkan di halaman Masjid Jami' Al-Umary Kelayu selama 2 hari yakni Kamis (29/6) dan Jum'at (30/6).


Proses Penyembelihan Hewan Qurban 


Disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Hewan Kurban dan Aqiqah Masjid Al Umary Kelurahan Kelayu Dr H. Masyhun, M.Pd. Salah satu perbuatan sunnah bagi ummat Islam adalah melaksanakan ibadah qurban yang telah diprakarsai oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang kemudian terus dilanjutkan oleh Rasulullah SAW sebagai Nabi akhir zaman. Dan berlanjut kepada semua ummatnya yang sudah semestinya dilestarikan hingga saat ini.


Untuk itu, Panitia yang telah di bentuk selalu berusaha agar pelaksanaan Ibadah Qurban dan Aqiqah pada tahun 1444 H yang merupakan tahun ke-23 pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan sukses sebagaimana yang diharapkan.


"Untuk memenuhi persyaratan transparansi dan akuntabilitas publik, maka panitia mengundang seluruh peserta qurban dan aqiqah atau keluarga peserta qurban dan aqiqah (bagi yang telah meninggal atau uzur red) sebelum hari pelaksanaan Ibadah Qurban dan aqiqah," ucapnya.


Masih kata H.Mashun,  jika melihat trend banyaknya jumlah yang berqurban pluktuatif, yakni tergantung situasi dan kondisi masyarakat di tahun tersebut. Seperti pada Tahun 2021 lalu, Masjid Al Umary berhasil menyembelih sebanyak 50 ekor Sapi dan 2 kambing. 


Namun karena faktor wabah Pandemi Covid 19, pada tahun 2022 lalu berkurang atau menurun menjadi  34 Sapi. Dan tahun 2023 ini masyarakat dua kelurahan tersebut bisa mengumpulkan 40 Sapi. 


Untuk biaya 1 ekor sapi dibebankan kepada  7 orang Jamaah yang berhajat untuk berqurban dengan masing-masing besaran biaya 2,5 juta per orang.


"Memang animo masyarakat Kelayu dalam berqurban sangat luar biasa, karena panitia juga dari jauh sebelumnya sudah mensosialisasikan pada masyarakat yang ingin berqurban dengan memberikan 2 pilihan, dicicil selama 1 tahun berapapun jumlahnya bisa disetorkan ke panitia dan bisa dengan kes bagi yang mampu," beber orang yang pernah menjabat Kepala Cabang Dikbud NTB tersebut.


Proses Pemilahan Daging Hewan Qurban Di Dampingi Petugas Disnakeswan Lotim.


Ia menambahkan, di Tahun 2023 ini jumlah jamaah yang melakukan ibadah Qurban sebanyak 280 orang. Sehingga jika dikalkulasi maka terkumpullah 40 ekor sapi. 


Khusus untuk hari ke dua acara Qurban akan digabungkan dengan acara  aqiqah. Untuk pembagian karena pemerintah sudah memberikan keluarga dan untuk mempererat tali persaudaraan oleh panitia memusatkan di masjid,  


Ada yang berbeda perayaan HaribRaya Qurban tahun ini dengan tahun sebelumnya. Dimana, tahun 2022 lalu karena pandemi daging qurban diantarkan ke rumah masing-masing mustahiq.


"Untuk pembagian daging qurban di tahun ini sebanyak 3.229 orang mustahiq dengan mendapatkan masing- masing 1 kg," sebutnya.


Sementara untuk limbah dari pemotongan hewan qurban oleh panitia sudah disiapkan lubang tempat penimbunan, sehingga habis pemotongan semua limbah langsung ditimbun rapat agar tidak menimbulkan penyakit," pungkasnya.


Untuk menjamin tingkat kehygenisan dan kesehatan hewan yang akan qurban, panitia bekerjasama dengan Dinas Peternakan Lombok Timur jauh jauh hari sebelumnya sudah melakukan koordinasi dan pengecekan atau pemeriksaan Antemortem  sebelum diberikan kepada penerima daging Qurban.


"Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan semua hewan qurban dalam kondisi sehat dan dagingnya hygenis bebas dari penyakit," terang drh. Yuniarti Sasmita petugas  dari UPT Puskeswan Kecamatan Selong. (Red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Semarak Idul Adha, Panitia Qurban Masjid Jami' Al Umary Kelayu Potong 40 Sapi.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan