DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Semarak Idul Adha, Masjid AT-TAQWA Pancor Sembelih 30 Ekor Sapi, Sasar 4 Ribu Lebih Mustahiq.

Friday, June 30, 2023, June 30, 2023 WIB Last Updated 2023-07-08T02:33:06Z

 


Selong - Masjid AT-TAQWA Kelurahan Pancor merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah dengan menyembelih 30 Hewan Kurban. Terbagi ke dalam 30 Kelompok pemberi Hewan Kurban dengan jumlah 7 orang untuk 1 ekor Sapi atau 1 Kelompok Hewan Kurban.


Dari data yang diperoleh, sebanyak tiga ekor sapi datang bukan dari kelompok  hewan Kurban. Akan tetapi datang dari aspirasi Wakil Gubernur NTB Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah , Owner Appolo dan Sinar Bahagia.




Untuk Mustahiq atau penerima Hewan Kurban di Kelurahan Pancor terbilang cukup banyak yakni sekitar 4.500 Mustahiq. 


Ada yang berbeda dari perayaan Hari Raya Qurban di Masjid AT TAQWA yakni pihak panitia penyelenggara mengadakan acara makan bersama dari Daging Hewan Yang diberikan oleh perorangan. Prasmanan akan disajikan  bagi jamaah dan para musafir atau masyarakat umum yang kebetulan numpang untuk melaksanakan sholat fardhu. 




"Kita juga siapkan makanan siap saji untuk para jamaah dan para warga yang dari luar yang kebetulan mampir untuk Sholat, Insyaallah besok malam kita  akan siapkan prasmanan besar", ucap Ir. Nazri, Ketua Panitia Penyelenggara Hewan Kurban kepada media ini, Sabtu, (1/7/23).


Sementara untuk pengurban, akan diberikan daging Hewan Kurban sebanyak 35 Kilogram Per Kelompok. Disampaikan Nazri, semangat dan  antusias masyarakat akan ber qurban di Kelurahan Pancor sudah tertanam sejak lama. Sehingga setiap tahun Masjid AT-TAQWA Pancor selalu dapat ber qurban dengan jumlah hewan qurban yang bisa dikatakan tidak sedikit.


Masih kata Nazri, tingginya jumlah hewan Kurban di Kelurahan Pancor disebabkan kesadaran dan semangat masyarakat dalam ber Kurban yang terbilang tinggi. Semuanya berangkat dari pengajian rutin di Masjid dan di tempat tempat lain yang kemudian melahirkan semangat untuk menabung.


"Kami tidak punya tips khusus, bahkan kami tidak pernah door to door menghimbau warga untuk ber qurban. Tapi ini murni lahir dari hati dan semangat ber qurban yang menurut kami terbilang cukup baik", tutur Wakil Ketua IV Baznas Lotim tersebut.


Ia menambahkan bahkan tahun ini ada yang masuk kedalam kelompok pemberi hewan Qurban yang bukan termasuk warga kelurahan Pancor. Akan tetapi dari kelurahan lain, artinya kata dia tanpa butuh promosi, kesadaran warga untuk berkorban masih terbilang tinggi.




"Alhamdulillah, kami di Masjid AT-TAQWA tetap melakukan penyembelihan Hewan Qurban dengan jumlah yang terbilang cukup", tambahnya.


Sementara itu, penanggung jawab Kegiatan Hari Raya Kurban H.Jarwan mengatakan ada peningkatan jumlah hewan Kurban di Masjid AT-TAQWA Pancor. Pada Tahun sebelumnya, pihaknya hanya mampu mengurbankan 23 ekor Sapi. Namun pada tahun ini bisa tembus 30 ekor Sapi.


"Alhamdulillah peminatnya bertambah dengan kemampuan dibantu kesadaran masyarakat kami, bisa tembus 30 ekor Sapi tahun ini", tuturnya.




Lanjut H.Jarwan, agar sistem pembagian bisa merata, pihak Panitia hanya bisa memberikan daging Kurban kurang dari sekilo. Namun, kata dia bukan jumlah yang menjadi fokus utama namun lebih kepada pemerataan. Sehingga untuk kegiatan penyembelihan Hewan Kurban Tahun ini dapat dipastikan semua warga Kelurahan Pancor kebagian daging Kurban.(red)








Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Semarak Idul Adha, Masjid AT-TAQWA Pancor Sembelih 30 Ekor Sapi, Sasar 4 Ribu Lebih Mustahiq.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan