DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Hari Lahir Pancasila, Bupati Lotim Sampaikan Amanat Presiden RI.

Thursday, June 1, 2023, June 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-03T13:36:20Z

 


Lombok Timur _Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy membacakan amanat tertulis Presiden RI, Joko Widodo dalam peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023.


Bupati Sukiman Azmy bertindak  selaku  pembina upacara dalam peringatan Upacara yang berlangsung  di halaman kantor Bupati Lotim, Kamis (1/6/23) tersebut. Turut hadir unsur forkopimda, Kepala OPD dan peserta upacara berasal dari TNI, Polri, Pol. PP, ASN.



Bupati Sukiman Azmy dalam sambutannya menyampaikan amanat Presiden Jokowi yang menegaskan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia.


Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa. Akan  tetapi juga turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam pidatonya, Bupati menambahkan bahwa Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar. Namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.


“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Begitu juga pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” terangnya.


Masih kata Bupati Sukiman membacakan amanat Presiden RI, berkat Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya seperti sikap toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.


Begitu juga Pancasila dengan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.


Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional,maka sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, maka Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila,” tandasnya. ( @ref85)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Lahir Pancasila, Bupati Lotim Sampaikan Amanat Presiden RI.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan