DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Lantik 102 KepSek Baru, Ini Pesan Kaban BKPSDM Dan Kadis Dikbud Lotim.

Thursday, May 4, 2023, May 04, 2023 WIB Last Updated 2023-05-04T07:21:39Z

 

Kaban BKPSDM Dr.Mugni Saat Memberikan Arahan Usai Pelantikan
Kamis, ( 4/5/23).

Lotim.DurasiNTB_ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur melantik dan merotasi 102 Kepala Sekolah lingkup Satuan Pendidikan SD dan SMP. Acara berlangsung di Aula utama Dinas Dikbud Lotim Kamis, 4 Mei 2023.


Usai melantik, Kaban BKPSDM Dr.Mugni mengingatkan semua Kepala Sekolah yang dilantik agar tetap disiplin waktu saat bertugas.


Kaban Dr.Mugni juga menyampaikan pesan Bupati Lotim H.M.Sukiman Azmy yang mengingatkan  semua Kepala Sekolah agar benar - benar mempergunakan Dana BOS sesuai peruntukkannya yang diatur dalam Juklak dan Juknisnya. 


Seperti untuk pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah hingga membeli alat multimedia untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Serta hal - hal lain yang berkaitan untuk perkembangan dan kemajuan Sekolah.


Mengingat kata dia, dana BOS adalah uang negara yang proses pencairannya sangat dipermudah. Tapi tanggung jawabnya dibebankan kepada Pemerintah Daerah. Artinya, jika Satuan Pendidikan keliru dalam menggunakan dan  BOS maka Pemerintah Daerah tidak akan bisa mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)  dalam pengelolaan Keuangan Daerah. 


"Bupati berpesan kepada Bapak Ibu Kepala Sekolah agar memperhatikan penggunaan Dan BOS sesuai peruntukkannya. Kalau kita tidak dapat mengelola BOS dan ADD dengan baik maka kita juga akan kesulitan untuk mendapatkan anggaran lagi dari pusat ", ucap Dr.Mugni.


Sementara itu, Kadis Dikbud Lotim Izzudin,S.Pd menyampaikan selamat kepada Kepala Sekolah yang dilantik. Sekaligus berpesan agar amanah dalam bertugas di tempat yang baru. Mengingat hampir sekitar 70 persen guru penggerak berhasil diangkat menjadi Kepala Sekolah.


"Saya berpesan kepada semua guru penggerak yang dilantik agar benar benar menerapkan apa yang didapat selama delapan bulan mengikuti bimbingan pelatihan", pintanya.


Kadis Dikbud Lotim Izzudin,S.Pd Saat Menyampaikan Pesan dan Arahan.


Kadis Izzudin menyayangkan satuan pendidikan yang hingga saat ini masih belum menyusun perencanaan berbasis atau berdasarkan Raport Pendidikan. Oleh karenanya dia meminta kepada semua Kepala Sekolah yang dilantik agar mulai menyusun perencanaan berbasis Raport pendidikan.


Kedua, Kadis Izzudin juga meminta Kepala Sekolah untuk melakukan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Sekolah di masing - masing satuan pendidikan. Agar terjalin kesinambungan yang baik antara Kepala sekolah dan semua tenaga pendidik.


Ia juga mengingatkan agar setiap Satuan Pendidikan mendaftarkan diri untuk menjadi  pelaksana  IKM Mandiri. Menjawab apa yang menjadi harapan Kemendikbud&Ristek. Mengingat,  hingga saat ini IKM Lotim masih berada dibawah Lombok Tengah. 


"Akan saya pantau terus, agar setiap  sekolah yang bapak ibu pimpin melaksanakan IKM. Tolong sepulang sekolah nanti adakan rapat internal untuk persiapan menjadi pelaksana IKM mandiri", tegasnya.


Selain itu, ia juga berpesan  agar Kepala Sekolah memberikan ruang dan waktu kepada semua guru untuk dapat mengakses akun Platform Merdeka Belajar dan Belajar.id. Mengingat sistem tersebut tetap terpantau perkembangannya oleh Kementerian.


"Kalau tidak diakses, maka kita yang rugi karena ini yang mahal. Maka dari itu Kepala sekolah wajib membimbing mengarahkan dan memberikan ruang dan waktu untuk para guru. Agar semua guru di satuan pendidikan  bisa mengakses akun Platform Merdeka Belajar", ucapnya.


Turut hadir dalam acara tersebut semua Kepala UPT Dikbud se Lombok Timur dan para Pengawas Sekolah di semua satuan Pendidikan. (@y85).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lantik 102 KepSek Baru, Ini Pesan Kaban BKPSDM Dan Kadis Dikbud Lotim.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan