DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

DP3AKB Lotim Adakan Pembekalan 508 Duta Genre.

Saturday, May 20, 2023, May 20, 2023 WIB Last Updated 2023-05-21T05:59:37Z

 


DurasiNTB_Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Lombok Timur menggelar Pelantikan dan Pembekalan 508 Duta Genre Desa dari 254 Desa/Kelurahan yang ada di Lombok Timur.


Acara yang berlangsung di aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Sabtu (20/5/2023) dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs.H.Juaini Taofik. Kepala DP3AKB, H. Ahmat langsung memandu Duta Genre Desa dengan membacakan ikrar  pelantikan.




H. Ahmat saat di Konfirmasi sejumlah wartawan yang hadir mengatakan keberadaan Duta Genre Desa diklaim akan memberikan kontribusi dalam penurunan Stunting dan Pernikahan anak usia dini.


Selain juga akan mampu berkontribusi dalam penanganan masalah remaja lainnya, seperti narkotika dan Seks bebas.




"Yang namanya remaja, sulit bercerita dengan orang yang lebih tua. Kalau dengan sebaya, mereka akan lebih terbuka," tutur H. Ahmat.


Ia menambahkan para Duta Genre Desa tersebut adalah mereka yang  berasal dari remaja-remaja terbaik di tingkat desa yang telah nyatakan lolos dalam proses seleksi. 


Dimana tugasnya kedepan memberikan edukasi kepada teman sebayanya tentang narkotika dan perkawinan anak. Serta membangun Kolaborasi dengan dukcapil untuk mendapat administrasi kependudukan. 




Masa kerja Duta Genre Desa juga dibatasi hanya satu tahun, agar mereka yang telah melewati batas usia diganti dengan yang remaja yang lebih muda.


Kehadiran Duta Genre bukan merupakan hal yang baru, sebelumnya Duta Genre juga telah ada di tingkat Provinsi dan Kabupaten. 


"Ini bukan hal yang baru, kalau kemarin hanya ada di Provinsi dan Kabupaten, tapi kali ini hingga tingkat desa," imbuhnya.


Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Perwakilan Wilayah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB, Lalu Makripuddin, mengatakan Duta Genre Desa dibentuk agar menjadi generasi yang unggul, sehat, dan cerdas. 


Disadari, penyelesaian permasalahan di Lombok Timur menjadi tolak ukur penyelesaian masalah di NTB. Sehingga Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus pada penangan permasalahan Stunting serta faktor-faktor lain sebagai penyebabnya.


"Beberapa langkah nyata dukungan Pemprov seperti penambahan tenaga P3K dari BKKBN. Termasuk anggaran juga kita berikan," sebutnya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, HM. Juaini Taofik yang berkesempatan hadir mewakili Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya remaja-remaja terbaik sebagai Duta Genre.


"Saya titip ke kadis PMD untuk mengantar Duta Genre ke desa. Ini program pemerintah. Bukan program saing-saingan," pesannya. (Y@85).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DP3AKB Lotim Adakan Pembekalan 508 Duta Genre.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan