DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Sejumlah Warga Sayangkan Pungutan Kercis Mahal, Panitia Event Pesta Pantai Beberkan Alasannya.

Tuesday, April 25, 2023, April 25, 2023 WIB Last Updated 2023-04-28T09:39:59Z

 


Lotim.DurasiNTB_Pro kontra event Pesta Pantai Labuhan Haji, Panitia pelaksana kegiatan pun angkat bicara. Ketua Panitia H.Zainal Abidin saat dikonfirmasi Media DurasiNTB belum lama ini membeberkan alasan dari harga kercis masuk hingga sebab diselenggarakannya event tersebut. 


Ia mengakui bahwa tidak  sedikit orang - orang  yang memposting di medsos memandang sisi kurangnya event tersebut. Namun kata orang yang masih aktif di PDAM itu, warga netizen juga  harus menimbang dari sisi positifnya. Dimana, dia mengklaim bahwa banyak hal positif yang bisa dihadirkan dari event disamping sudah menjadi evet tahunan masyarakat Labuhan Haji.


"Yang namanya kita ini masyarakat banyak tentu tidak semua kita satu asumsi dan persepsi. Kami ingin warga yang tidak setuju yang komentar di Sosmed juga lebih bijak melihat dari sisi positifnya", pintanya Selasa, (25/4/23).


Iapun menerangkan alasan yang paling sering dikeluhkan yakni terkait masalah kercis masuk dengan nomimal 5.000 rupiah hingga 7.000 rupiah per orang. Dengan adanya porporasi karcis kata dia, pihak Pemda Lotim sudah mengizinkan besaran kercis masuk dengan tujuan PAD melalui event Pesta Pantai  bida meningkat. 


"Dimana sesuai Perda sesuai Perda 10% nya masuk ke kas daerah", tandas Caleg dari Partai Golkar tersebut.


Ia juga menyebut persoalan sampah yang selalu menjadi sisi buruk di Pantai Labuhan Haji. Menurutnya persoalan sampah bukan hanya pada event Pesta Pantai tapi sudah menjadi pemandangan sehari hati di Labuhan  Haji.


"Masalah sampah sudah menjadi pemandangan sehari hari, tapi dari panitia sudah memasukkan izin dan berkoordinasi dengan  DLH Lotim", tambanya.


Dimana, selaku Panitia dia menjamin bahwa semua  sampah yang dihasilkan dari event tersebut setelah event slesai akan menjadi tannggung jawab seluruh Panitia event  bekerjasama dengan  DLH terkait pengangkutan sampahnya.


Dia juga menyinggung soal pengunjung yang keberatan dengan Event Pesta Pantai. Ia menjelaskan bahwa event tersebut sudah menjadi tradisi tahunan di Pantai Labuhan Haji.


"Setiap tahun event ini sudah digelar dan sudah menjadi tradisi tahunan,  meski banyak kritikan namun Pantai Labuhan Haji selalu ramai, karena banyak pengunjung yg mengunjungi Pantai Labuhan hji stiap tahunnya. Itu menandakan banyak juga masyarakat yang  kangen", tuturnya.


Panitia event juga merespon baik imbauan Kapolres Lotim yang  berpesan agar menjaga situasi tetap berjalan aman dan kobdusif. 


"Alhamdulillah panitia menjalankan amanat itu", ungkapnya.




Terakhir disampaikannya bahwa hasil dari retribusi event pesta Pantai  sebagian akan dialokasikan dananya ke Masjid Masjid dan Mushola - Mushola yg ada di Labuhan Haji. 


"Artinya setiap pngunjung yang membeli karcis masuk secara tidak langsung ber amal", terangnya.


Dia juga mengatakan jika  hasil event juga diserahkan sebagian untuk  PADes Desa Labuhan Haji. Sehingga semua kelompok baik tokoh pemuda, agama, dan masyarakat ikut andil mengambil bagian di struktur kepanitiaan. Mulai dari Karang Taruna, Pokdarwis, LKMD, BPD dan BKD serta remaja masjid dan kelompok pemuda laennya yg jumlahnya cukup banyak.


Terakhir diakuinya setiap event pasti membutuhkan biaya besar baik dari persiapan, pelaksanaan hingga berakhirnya  kegiatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Mengingat didalamnya banyak kegiatan seperti musik, aneka lomba dan bazar, panjat pinang yang secara langsung memanjakan dan menghibur para pengunjung. Sehingga diklaim pengunjung menikmati dan mndpatkan keuntungan dari  kegiatan tersebut.


"Yang namanya event tentu gak ada yang sempurna, kami sadari itu dan setiap kekurangan selalu menjadi bahan evaluasi kami agar kedepan kami bisa berbuat lebih baik lagi", pungkasnya.


Sebelumnya beredar di Sosial media Facebook pengakuan sejumlah warga netizen yang menyayangkan Pesta Pantai Labuhan Haji digelar dengan biaya besar. Hingga untuk Karcis Sepeda Motor dan Mobil, pengunjung harus merogoh uang 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Belum lagi kercis masuk untuk per orangnya bervariasi antara 5 ribu rupiah hingga 7 ribu rupiah.


Kepada DurasiNTB rombongan pengunjung dari Praya Tengah - Lombok Tengah bahkan mengaku harus puter balik karena niat untuk menikmati liburan pantai di Labuhan Haji pupus karena tidak tau kalau ada Event Pesta Pantai.

"Kita gak tau kalau ada acara begini, sementara uang kebetulan pas - pasan, jadi mending cari tempat lain aja", keluh Arif salah satu warga Lombok Tengah mewakili rombongan yang dibawanya. (dr.y@85).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sejumlah Warga Sayangkan Pungutan Kercis Mahal, Panitia Event Pesta Pantai Beberkan Alasannya.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan