DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Penilaian Sumatif dan Formatif, Dikbud Lotim Minta Semua Sekolah Adaptif.

Thursday, March 16, 2023, March 16, 2023 WIB Last Updated 2023-03-20T02:08:42Z

Kabid SD Dinas Dikbud Lotim - Khairurrazak Hanafie.
 


Selong _ Sejak diberlakukannya Kurikulum Merdeka Belajar, penilaian assesmen juga berubah. Di mana pada pelaksanaan Ujian Tengah Semester, digunakan dua jenis penilaian yakni Sumatif dan Formatif,


Penilaian sumatif sendiri adalah penilaian yang dilakukan untuk memastikan tercapainya pembelajaran secara menyeluruh, sedangkan formatif  dirancang untuk tujuan pembelajaran dan tidak seharusnya digunakan untuk menentukan nilai rapor.


Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, Hairrurazak Hanafie.


“Pada kurikulum merdeka ini banyak sekali bentuk penilaian yang dilakukan, pada pelaksanaan tengah saja digunakan penilaian formatif dan sumatif,” jelasnya Kamis (16/03/2023).


Ditambahkannya, pada implementasinya guru tidak dititik beratkan pada dua penilaian tersebut, pasalnya apabila guru sudah merasa peserta didik mampu merepresentasikan kemampuannya cukup melakukan penilaian dengan formatif, sementara apabila guru belum merasa cukup dengan formatif baru dilakukan penilaian dengan sumatif.


“Apabila sudah cukup menggunakan penilaian formatif untuk siswa merepresentasikan kemampuan sumatif yang tidak boleh dilakukan,” terangnya.


Masih kata Kabid Razak, penilaian tengah smester untuk Sekolah Dasar di Lombok Timur sendiri sudah mulai dilaksanakan pada senin yang lalu. Mengingat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak memberikan waktu tertentu, diserahkan sepenuhnya kepada Sekolah.


“Mulai senin kemarin SD mulai melakukan Middle, akan tetapi kemarin sempat libur satu hari imbas diliburkannya beberapa Sekolah yang mirip dengan pelaksanaan Pilkades,” tambahnya.


Terakhir ia meminta agar Sekolah memanfaatkan betul item penilaian yang disediakan pada laman digital guna terlaksananya implementasi Kurikulum Merdeka belajar.


“Guru dan Siswa haru menggunakan platform yang sudah disediakan agar pelaksanaan Kurikulum Merdeka dapat tercapai,” pungkasnya.


Pada penilaian formatif, umumnya dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi berlangsung. Dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk penilaian sumatif, dapat dilakukan pada akhir pembelajaran.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penilaian Sumatif dan Formatif, Dikbud Lotim Minta Semua Sekolah Adaptif.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan