DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Berikut Tips Sederhana Buktikan Kasih Sayang Terhadap Anak

Wednesday, February 22, 2023, February 22, 2023 WIB Last Updated 2023-05-27T12:44:46Z



Dokumentasi pribadi Penulis.(Edisi : Opini I, 23/2/23).


Terkadang ada beberapa  hal  penting yang harus dipahami para orang tua, bahwa menunjukkan kasih sayang bukan tentang seberapa banyak kita membelikan mereka mainan atau seberapa sering kita mengajak mereka berlibur ke luar negeri atau ke luar daerah. 


Namun, kita bisa menunjukkan kasih sayang kepada anak melalui hal-hal yang sederhana. Contohnya buatlah anak kita  memahami bahwa peran keluarga adalah tempat untuk berbagi kasih sayang. 



Fakta membuktikan bahwa kesibukan sehari-hari sebagai orang tua yang juga sibuk bekerja dapat membuat mereka tidak tahu bagaimana caranya menunjukkan rasa sayang pada anak. 


Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuktikan kasih sayang kita kepada mereka.



Pertama, luangkan Waktu untuk Mendengarkan apa yang ingin dia sampaikan. Anak-anak sangat antusias saat orang tuanya ingin mendengar cerita tentang keseharian atau sesuatu hal yang bisa ia banggakan. 


Jika saat ini kita sibuk bekerja dan jarang memiliki quality time bersama anak, saatnya meluangkan waktu kita untuk lebih sering mendengarkan anak. Misalnya, pada malam hari sebelum tidur, ajak anak kita duduk, bercerita sambil menikmati camilan ala kadarnya. Biarkan si kecil bercerita apapun tentang dirinya karena si kecil bisa merasakan kasih sayang ketika kita mau meluangkan waktu untuknya.



Kedua, luangkan waktu kita untuk menemaninya dalam melakukan hal yang Ia Sukai. Salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak adalah menemani anak untuk melakukan hal-hal yang ia sukai. Tunjukan perhatian kita terhadap hal-hal yang anak kita gemari. Kemudian libatkan diri kita untuk melakukan aktivitas kegemarannya.


Ketiga, luangkan waktu untuk lebih sering memeluk. Hubungan kekeluargaan seharusnya dilandasi dengan kehangatan. Nah, berpelukan antara orang tua dan anak adalah salah satu cara untuk menghangatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan. Sebagai orang tua, memeluk anak juga merupakan ekspresi kasih sayang yang tulus dan bisa dirasakan langsung oleh anak.


Ke empat adalah memberikan perhatian melalui makanan favoritnya dengan membuatkannya atau menyajikannya. Untuk hal yang satu ini penting kita lakukan sesekali waktu. Mengingat, tidak hanya orang dewasa yang gembira ketika pulang disambut dengan hidangan favoritnya. Anak-anak pun juga merasakan hal yang sama. Sesekali buatlah hidangan favorit anak-anak, mulai dari sarapan sampai dengan makan malam. Tanyakan menu makanan favoritnya yang disajikan bersamaan dengan menu favorit kita. 


Kelima adalah libatkan Anak Saat Musyawarah atau buat diskusi keluarga. Di dalam keluarga terkadang kita tidak melibatkan anak untuk mengambil keputusan. Memasuki usia 12 tahun sejatinya anak sudah bisa dimintai pendapat saat mengambil keputusan. Buatlah anak merasa bahwa mereka dibutuhkan di dalam keluarganya dengan meminta pendapat anak ketika hendak memutuskan sesuatu.


Keenam adalah tanamkan kepada anak akhlak dan sopan santun yang baik. Mengingat diera milenial sekarang ini, banyak sekali kita lihat anak - anak yang kurang ajar karena lost control perhatian orang tua. 


Adap atau akhlak anak terhadap guru dan orang yang lebih tua, bahasa atau tutur kata yang baik adalah cermin keberhasilan orang tua kepada anaknya dalam melahirkan generasi Rabbani yang berbudi pekerti luhur. 


Ada banyak cara untuk menunjukkan kasih sayang kita kepada anak. Berikan waktu Anda untuk anak untuk memenuhi kebutuhannya dalam hal kasih sayang dan perhatian. Semoga bermanfaat demi melahirkan generasi yang smart dan beradap. (Penulis : Suyatna/CEO Media DurasiNTB).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berikut Tips Sederhana Buktikan Kasih Sayang Terhadap Anak

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan