DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Seismograf Gratis Asal Cina Terpasang Di Lotim.

Thursday, February 9, 2023, February 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T20:49:42Z

 

Lombok Timur_ Seismograf atau alat pendeteksi dini gempa bumi gratis terpasang di Lotim. Alat yang dibawa langsung para ilmuan Cina itu dipasang atas kerjasama para Ilmuan,BMKG Provinsi NTB dan BPBD Lotim. 


"Saya tidak begitu banyak bertanya tentang nama Pusat Penelitian ataupun pusat Studinya, yang saya ingat salah satu Ilmuan Seismografnya namanya Dr.Meaoung", ungkap Rusman Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Lotim di ruangannya Rabu, (8/2/23).



Ia menambahkan adapun titik pemasangan dilakukan di empat titik. Pertama di Semaya Kecamatan Sakra, kedua di Lenek Duren Kecamatan Lenek, Ketiga di Sembalun Kecamatan Sembalun dan yang yang terakhir di ada di Obel Obel Kecamatan Sambalie.


Adapun maksud dan tujuan pemasangan alat tersebut adalah menjawab hasil pengamatan para ahli geologi. Dikatakan para ahli yang melakukan pengamatan atau pemantauan gempa  bekerjasama dengan BMKG Provinsi NTB,  bahwa kejadian gempa bumi Lombok masih dianggap misteri. Dimana hingga saat ini belum bisa dipastikan apa penyebab mendasar yang pasti yang menyebabkan terjadinya gempa.



"Menurut mereka para pemantau gempa ini adalah gempa bumi Lombok masih dikategorikan misteri atau bisa dikatakan masih abu", terangnya.


Harapannya kata dia tentu setelah dipasangnya alat tersebut, akan bisa ditau secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya gempa di Pulau Lombok.


Untuk lama masa aktif atau masa kerja  alat Seismograf dari negeri Cina itu adalah selama satu tahun. Berawal dari tanggal 6 Fabruari tahun ini dan akan ditarik lagi pada tanggal 6 Februari tahun 2024 mendatang.


Tentu Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui BPBD Lotim menaruh harapan besar terhadap keberadaan alat tersebut. Dimana, pencegahan dini gempa selama satu tahun kedepan akan bisa terdeteksi. 


Sehingga memungkinkan akan memberikan kemudahan bagi petugas BPBD dan BMKG dalam memberikan himbauan dan siaga dini sebelum gempa terjadi jika seandainya sewaktu waktu gempa bumi Lombok datang secara tiba - tiba.


Seismograf adalah alat deteksi gempa bumi yang penting bagi dunia. Fungsi seismograf biasanya digunakan untuk mencatat gelombang seismik yang disebabkan oleh gempa bumi, ledakan, atau fenomena alam yang mengguncang Bumi.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seismograf Gratis Asal Cina Terpasang Di Lotim.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan