DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

KI NTB Gelar Bimtek Dorong Keterbukaan Informasi Publik.

Monday, February 20, 2023, February 20, 2023 WIB Last Updated 2023-02-20T13:23:00Z

 



Lombok Timur - Sebagai upaya penguatan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa, Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Bimbingan Teknis Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) di Kabupaten Lombok Timur pada Senin pagi (20/02) bertempat di ruang Command Center Kantor Bupati Lombok Timur.


Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) merupakan program terobosan Komisi Informasi Provinsi NTB bersama Pemerintah Provinsi NTB dengan melibatkan 10 Desa di setiap Kabupaten yang ada di NTB untuk mendorong keterbukaan informasi publik bagi seluruh desa di NTB agar terbentuk Pemerintahan Desa yang baik (good doverment).


Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 10 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berasal dari 10 Desa di Lombok Timur.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur Dr. Fauzan menyebut bahwa setiap orang berhak berkomunikasi sesuai dengan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Selain itu, menurutnya semua orang juga berhak memperoleh informasi serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. 


Oleh karena itu, ia memandang penting dilakukan bimtek tersebut sebagai upaya antisipasi informasi tidak benar yang beredar di masyarakat khususnya di Desa serta mampu memberikan informasi yang valid agar bisa diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.


Ditempat yang sama, Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat Muhammad Zaini, menyampaikan program DGIP sebagai program dalam rangka Gerakan bersama dan terpadu untuk mendorong keterbukaan informasi publik di seluruh desa di Nusa Tenggara Barat untuk mewujudkan Desa Informatif di Provinsi NTB.


Ia juga menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya pemenuhan hak asasi manusia atas kebutuhan informasi bagi masyarakat Desa yang mudah di akses dengan ketersediaan Informasi Publik Desa sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik Desa yang akan menghasilkan informasi publik yang akurat, baik dan tidak menyesatkan.


Ia juga mengatakan bimtek yang diberikan kepada 80 desa di 8 Kabupaten di NTB  harus menjadi contoh informatif bagi Desa lainnya. Ia juga melanjutkan nantinya dari 80 Desa akan dilakukan kompetensi. Selanjutnya dari 80 Desa tersebut akan dipilih 10 Desa terbaik yang akan diberikan Anugerah Desa Gemilang Informasi Publik.

(Sumber : Dinas Kominfotik Lotim).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KI NTB Gelar Bimtek Dorong Keterbukaan Informasi Publik.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan