DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Ketua Karta Kec Terara Sambut Baik Rencana pembangunan kampus Di Wilayah Bendungan Pandanduri.

Saturday, February 11, 2023, February 11, 2023 WIB Last Updated 2023-02-12T07:09:55Z

 



Opini_durasintb. Rencana pembangunan kampus di daerah Bendungan Pandan duri desa Pandan duri kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur pastinya memiliki pro dan kontra dari masyarakat, karena setiap ada kebijakan pasti akan ada muncul kata setuju dan tdk setuju, hal ini sangatlah lumrah terjadi.


Saya sebagai ketua karang taruna kecamatan Terara dan akademisi sangat antusias dengan wacana pembangunan kampus tersebut. Menurut saya, dengan adanya kampus di daerah kecamatan Terara bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di wilayah kampus dan sekitar kampus. Dengan adanya kampus banyak bermunculan usaha-usaha menengah sampai kecil-kecilan karena pengusaha di sana tidak perlu susah lagi mencari konsumen karena adanya mahasiswa. Dengan adanya wilayah Kampus warga jadi memperoleh mata pencaharian untuk kelangsungan hidup mereka. 


Hal ini sejalan dengan hasil penelitian dari Setia Irianto Dkk (2016) yang menyatakan "Pembangunan kampus berpengaruh positif terhadap kehidupan masyarakat sekitar baik dari segi pendidikan, kesehatan dan soal/dakwah".


Hasil penelitian lainnya oleh Trisnawati Ika (2007) menyebut Dampak positif yang langsung dirasakan adalah berkembangnya sektor perekonomian. Desa dan kelurahan yang dulunya sepi akan berubah menjadi daerah yang ramai dengan aktifitas mahasiswa yang menuntut ilmu. Beberapa fasilitas pendukung kegiatan kampus yang dibangun dan disiapkan oleh masyarakat sekitar kampus antara lain adalah berdirinya pemondokan, warung makan, jasa photocopy, persewaan dan penjualan komputer, tempat kursus, warung telekomunikasi, penjual handphone dan perlengkapannya, cafe, butik serta penjual buku serta studio foto.


Berdasarkan dua hasil penelitian di atas membuat saya sangat setuju dan yakin bahwa rencana pembangunan kampus di Pandan duri ini akan lebih banyak berdampak positif bagi masyarakat daripada negatif nya. Seperti kita ketahui bersama bahwa masyarakat pandan duri pada umumnya masih menggantungkan pencaharian dari nelayan di bendungan dan pertanian, dengan adanya kampus, mereka punya banyak pilihan mata pencaharian yang lain. 


Selain itu, dengan kehadiran kampus ini akan membantu siswa yang ada di sekitaran kecamatan Terara, Sakra dan disekitarnya yang terkendala biaya kos dan biaya keseharian karena dekat dg tempat tinggal sendiri sehingga biaya kuliah bisa di minimalisir.


Terara, 11 Februari 2023

Lalu Hulfian, M.Pd

(Ketua KT kec Terara dan Dosen Undikma)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Karta Kec Terara Sambut Baik Rencana pembangunan kampus Di Wilayah Bendungan Pandanduri.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan