DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Kakanwil Kemenag NTB Tegaskan ASN Harus Siap Bila Di Pindah Tugaskan.

Thursday, February 2, 2023, February 02, 2023 WIB Last Updated 2023-02-02T22:02:19Z



Lombok Timur_Program Pembinaan Mental dan Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kemenag Lotim dibuka di Aula Kemenag Lotim Kamis, 2 Februari 2023. Dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag NTB H.Zamroni Aziz yang tujuannya guna memaksimalkan kinerja dan tingkat kedisiplinan ASN dan Non ASN dalam menjalankan tugasnya.


H. Zamroni Aziz, dalam pidatonya menyampaikan Kabupaten Lotim adalah daerah dengan jumlah penduduk terbanyak dan dengan Ponpes terbanyak di NTB. Sehingga keberadaan ASN kedepan  diharapkan akan mampu menjaga dan menerapkan disiplin waktu dan bisa menjadi teladan baik di lingkup Kemenag Lotim, Ponpes - Ponpes maupun interaksinya di masyarakat.


"Di masyarakat, kita semua adalah contoh, teman - temanlah yang akan sering dipakai bila ada acara atau kegiatan keagamaan, maka jadilah contoh yang baik", pinta Zamroni Aziz.


Ditambahkannya, apapun jabatan ASN di lingkup Kanwil Depag Lotim harus siap di geser ke daerah lain mana kala hal itu memang dibutuhkan atau jika ada penempatan diluar daerah. Sebagai seorang yang tinggal di NTB kata dia, belum maksimal ASN dalam tugasnya jika belum pernah mendapatkan tugas luar daerah. Alasannya, justru dengan banyaknya pengalaman yang didapat justru memudahkan ASN tersebut untuk dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. Dari promosi baik dari posisi Kepala Sekolah, Kasi, Kepala KUA hingga menjadi Kakanwil.


"Ini bukan soal loyal atau tidaknya dalam bekerja. Tapi, yang tidak pernah keluar daerah, memang semestinya harus keluar daerah. Biar gak hanya Lotim saja yang ditau, sesekali ke Sape lah contohnya", jelasnya.


Disiplin Kepala KUA juga disindir Kakanwil NTB, agar menerapkan disiplin ASN seperti apel pagi sebelum melaknakan tugas. Menurutnya, bangga dan cinta harus dibarengi dengan kesadaran. Dimana, seorang Kepala KUA maupun Penghulu harus bisa dibedakan antara jabatan ASN yang diembannya daripada aktivis - aktivitas lain yang dianggapnya sampingan dan tidak jelas.


" Ini datang terlambat pulang paling awal. Kepala KUA dan penghulu itu paling banyak akalnya", keluhnya.


Terakhir, ditambahkannya bakti terhadap guru adalah hal yang utama  agar para ASN, Non ASN dan calon PPPK bisa mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan tugas. Para ulama siapapun dia kata Zamroni Aziz harus dihormati dan diteladani. Salah satunya keberadaan  Almagfurullah TGKH. Zainuddin Abdul Majid yang berhasil membawa pendidikan hingga menjadi 'Pahlawan Nasional'.


"Disini kita punya guru besar sang panutan yang sekaligus kebanggaan karena selain sebagai guru belaiu juga sudah membawa harum pulau ini karena berkat adanya beliau kita memiliki Pahmawan Nasional. Hal ini patut kita syukuri", tuturnya.


Kepada sejumlah wartawan usai acara ia pun menegaskan tidak segan segan untuk memberhentikan atau melakukan mutasi ke tempat yang jauh  kepada pejabat ASN terkait jika kedapatan melakukan permainan atau tindakan yang menyalahi tupoksi ASN atau mencoreng nama baik Kantor Kementerian Agama khususnya yang ada di Kemenag Lotim.


"Tidak ada toleransi, jika ada kita pindahkan atau kita pecat saja", tegasnya.


Sebelumnya, Kepala Kemenag Lotim H.Sirojudin dalam laporannya menyampaikan beberapa hal terutama Absensi digital yang diluncurkan guna  memudahkan Kemenag dalam melakukan kontrol disiplin terhadap ASN. Selain juga pembinaan terkait  Mental ASN dan Non ASN  yg berjumlah 1.092 orang.


Adapun pembinaan dilakukan dengan melibatkan keseriusan para Kepala Madrasah sebagai stake houlder perubahan di lingkup Ponpesnya baik yang Negeri maupun Ponpes Swasta. Sementara  bagi Pegawai yang Non ASN diharapkan untuk tetap loyal dan tetap menjaga integritas nama baik Sekolah atau Ponpes  dimana dia ditugaskan dalam bekerja sesuai regulasi. 


Mengingat kata dia selalu ada peluang untuk P3K bagi PTT atau Non ASN selama mereka tetap memiliki disiplin waktu dan disiplin dalam pekerjaan. 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kakanwil Kemenag NTB Tegaskan ASN Harus Siap Bila Di Pindah Tugaskan.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan