DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Dinas Dikbud Lotim Alokasikan Anggaran 15 Milyar Untuk GTT.

Thursday, February 9, 2023, February 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T10:05:35Z

 

Lombok Timur_Tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur akan alokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar dari APBD untuk Guru Tidak Tetap (GTT) di Lombok Timur. 


Dimana, anggaran untuk guru honorer pada tahun 2023 di Lombok Timur difokuskan untuk guru honorer yang ada di sekolah-sekolah pelosok. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Dikbud Lombok Timur, Izzuddin belum lama ini.


"Gaji honor yang diberikan sekarang ini untuk  GTT sekitar Rp15 milia, minus 5 miliar. Dan saat ini yang kita perbaiki adalah sasaran pemberian honor," ucap Izzuddin. 


Dikatakannya, Kebijakan Dikbud Lombok Timur untuk tenaga honorer tahun 2023 yang dibebankan melalui APBD tidak lagi sekolah-sekolah perkotaan.


Namun yang akan menjadi prioritas adalah  sekolah-sekolah terpencil, terjauh, terluar, dan sekolah yang dana BOS-nya di bawah 50 juta, "itu yang akan kita berikan honor dari APBD," jelasnya.


Masih imbuh  izzuddin, caranya dengan memberikan dana kepada sekolah untuk nanti disalurkan ke tenaga honor yang memang sepatutnya menerima, sesuai dengan beban kerja dari si penerima tersebut.


"Nanti kita serahkan kepada sekolah, kemudian sekolah yang dapat dana silahkan memberikan honor sesuai kemampuan dan beban kerja dari si penerima," imbuhnya.


Lebih lanjut Izzuddin mengingatkan, pemberian honor juga harus memperhatikan jam dan beban kerja dari penerima.


"Karena kasus yang banyak terjadi adalah, ada honor yang ngajar 10 jam sama diberikan dengan honor yang ngajarnya 2 jam, ini kan tidak berkeadilan, oleh karenanya kita serahkan kepada sekolah berdasarkan beban kerja dan kemampuan sekolah," ingatnya.


Teralhir disampaikannya pada tahun 2023 ini, ada setidaknya1500 honor yang akan Dikbud berikan gaji melalui APBD. Namun untuk besaran gaji honorer pada tahun 2023 ada sedikit penurunan, imbas dari kemampuan anggaran daerah yang mengalami penurunan.


"Sekarang juga kita turunkan gaji honor, kalau kemarin 650 untuk yang SK, yang sekarang karena kemampuan anggaran kita turun, kita akan maksimal berikan dia 600," pungkasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Dikbud Lotim Alokasikan Anggaran 15 Milyar Untuk GTT.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan