DurasiNTB

Lugas & Fakta

Iklan

terkini

Percepat Pembentukan BRIDA, Pemda Lotim Mengikuti Sosialisasi Secara Virtual.

Friday, January 13, 2023, January 13, 2023 WIB Last Updated 2023-02-12T10:00:09Z

 


Kabupaten Lombok Timur bersama tidak kurang dari 350-an Pemerintah Daerah yang belum membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), mengikuti sosialisasi Percepatan Pembentukan BRIDA



Kegiatan itu  berlangsung secara virtual di Rupatama Kamis (12/01/23). Pemerintah Daerah Lotim diwakili Asisten bidang ekonomi pembangunan, Asisten bidang administrasi umum, Kepala Bappeda, dan sejumlah Kepala Bagian lingkup Setda Lombok Timur.



Membuka sosialisasi, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Yopi mengingatkan untuk pembentukan ataupun transformasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Litbangan yang ada di Daerah.


Menurutnya, melalui BRIDA telah memiliki regulasi, mulai dari Undang-undang no.11 tahun 2019 tentang sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi yang diubah dengan pasal 121 PERPPU no.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja, Perpres 78 tahun 2021 tentang BRIN, dan diperkuat SE Kemendagri no. 120/5434/SJ terkait pembentukan BRIDA.


Proses pembentukan BRIDA, Yopi menjelaskan, telah dimulai tahun 2022 dan pihak BRIN telah melakukan sosialisasi kepada seluruh daerah.


“Sampai 11 Januari telah terbentuk 7 BRIDA di tingkat Provinsi, di mana salah satunya adalah Provinsi NTB, sementara itu 17 Provinsi masih dalam proses pembentukan,” ungkapnya.



Sedangkan,  Lanjut Yopi, bahwa untuk kabupaten/kota 18 telah terbentuk dan 120 dalam proses pembentukan. Selain itu, dijelaskan tahapan yang harus dilakukan Pemda dalam upaya pembentukan BRIDA di masing-masing wilayah.



Dalam kesempatan itu pula Yopi berharap tahun 2023 ini Pemda dapat lebih aktif dan bekerja sama dengan BRIN dalam upaya pembentukan BRIDA tersebut sebagai penguatan badan riset inovasi. Keberadaan BRIDA adalah bagian dari upaya membangun kebijakan yang berbasiskan bukti.



“BRIDA dapat berdiri sendiri maupun digabung dengan Bappeda,” tandasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Percepat Pembentukan BRIDA, Pemda Lotim Mengikuti Sosialisasi Secara Virtual.

No comments:

Post a Comment

Terkini

Topik Populer

Iklan